GEAR SET VESPA

banyak orang yang bertanya-tanya.. tentang gear set apa yang bagus untuk balap, atau supaya vespa larinya kencang… dan ini sebenarnya adalah rahasia bengkel… tapi untuk supaya lebih banyak yang bersaing dalam balap vespa, dan bengkel menjadi lebih kreatif dan inovatif, maka saya mencoba untuk menbantu membuka sedikit rahasia ini… sebenarnya ini berbayar… tapi biarlah mari kita berbagi ilmu…

gigi-gigi vespa

gigi-gigi vespa sumber dari http://scooterhelp.com

lihat gambar… disitu ada keterangan angka 1, 2, 3

untuk keterangan no 1 warna hijau :

apabila VESPA ANDA BERJENIS:
PX, gigi koplingnya 21
EXCLUSIVE 1, 2, gigi koplingnya 21 dan 22
STRADA gigi koplingnya, 23
EXCEL gigi koplingnya, 22
EXCEL 200 gigi koplingnya, 23

untuk gambar no 2 yang hijau itu bisa

65 –> Spartan

66–> Strada

67 –> Super, PX, PS, EXCLUSIVE 2

68 –> Excel

untuk melihat gear set berpindah bisa lihat link dibawah ini

http://www.asahi-net.or.jp/~lv4k-snhr/libraries/mechanism.html

tinggal di klik aja gambar panah atas bawahnya yang berwarna merah
pertanyaannya yang umum orang pada tanya adalah pake gear 21 atau 22 atau 23? supaya cepat…

untuk trek pendek jalan raya, jarak 100 -200m, sebaiknya gunakan gear 21, untuk trek panjang 300-1km, gear 23.

untuk gear 22, saya belum tau.. karena belum saya coba.. mungkin nanti saya tulis disini kalo sudah jadi…soalnya vespanya lagi di cat.

Advertisements

About ridobrown

sama seperti dengan anda, masih butuh uang untuk kehidupan....
This entry was posted in per-VESPA-an and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

421 Responses to GEAR SET VESPA

  1. ridobrown says:

    ga ada yang nanya nich…???

    • brian says:

      bang kalo buat px jarak 300m keatas pake gigi kopling 23 ya , merknya apa yang bagus

    • Belo says:

      Bang.. kalo mesin (VBB ’65), saat mesin hidup, gigi dlm posisi netral… ada bunyi, toktoktok… Tapi kalo gigi posisi gigi 1,2,3,4. mesin ga ada bunyi (toktoktok…) apa yg harus di service / di ganti…? trim’s

    • edi sutanto says:

      Saya mau tanya vespa ku kalau di bawa jalan berat ke kiri jadi gak nyaman. Kira kira apa yg harus saya ganti alatnya. Trims

      • ridobrown says:

        yang harus di cek.. pertama..
        1. bodi vespa.. apakah miring??
        2. as ayun di fork depan.. apa goblak??
        3. karet chasis… apa sudah tipis??
        4. Pork apa pernah bengkok??

    • mamun says:

      Bos nanya dong motor super gir rasio kite ganti pake exclusive tpi malah jadi bunyi nguk ngukan pas turun gas .itu ngapa ya bos

  2. jems says:

    klo sprint gigi kopling nya berapa…om.?

  3. bernard says:

    strada banci tahun 86, gigi koplingnya 23 ya?

  4. Gie says:

    kalau gigi yg 68, bisa pake gigi kopling yang 21????

  5. Ikbal says:

    syang pengen vespa syang di seting buat balapan

  6. dhodhom says:

    Kang saya punya PX, kalau ganti gear set nya pake punya strada, langsung bisa ngebut ya?
    bujet buat beli gear set strada kira2 siapin dana berapa kang?

  7. ridobrown says:

    bujet buat beli gear set strada berkisar 600 – 800 ribu…kadang nt bisa dapat 400 ribu kalo ketemu orang butuh duit…. tapi sepertinya sulit… karena sudah jarang gear strada itu…. setelan karbu dan knalpot juga merupakan salah satu faktor pendukung untuk vespa larinya menjadi kencang…

    • dhodhom says:

      berarti memang udah gak produksi ya kang dari danmotor? jadi harus nyari yang cabutan.

      saya minat kang sama knalpot yg ada di post sebelumnya, untuk leher knalpotnya udah ada tinggal nyari silincernya. waktu luangnya kapan aja kang? pengen nyoba settingan sama knalpot nya donk kang. tp mesin nya standaran aja, gak usah ganti gear

  8. aponk says:

    mas bros..saya punya vespa excel 200 cc tapi kopling nya px per 6 ..w ganti pake kopling excel per 7 jumlah gigi nya yang 23,,tp ga masuk atau ga pas ke ger box,padahal jumlah gear box nya 68…tolong pencerahan nya mas bro…

  9. aponk says:

    yang gigi 21 bkn mas bro/…

  10. rey says:

    kang mau tanya? saya pake sprint tp dalemannya pake exclusive 1 th.91, cm gear koplingnya 22 yg kecil.
    kalo ganti set gear gtu bikin mesin bergetar bgd gk yah?
    sama boleh tanya bengkelnya dimana yah om? soalnya mencari bengkel vespa di bogor seperti susah, ini aj dapet liat om karena browsing n om aktif di forum2.

    • ridobrown says:

      ga masalah… saya juga pake gear kecil 22 vespa ps.. tapi saya ganti dudukannya pake yang besar.. tapi gear tetap 22…kopling besar.. nah kalo aldo mo ganti.. tinggal ganti aja 1 set.. kopling besar.. bengkel vespa di bogor banyak.. tapi yang bener ke itung jari.. barometer bengkel vespa bisa seting vespa balap adalah piala.. kalo di bengkel itu pernah ada piala juara, berarti kurang lebihnya itu bengkel bisa nyeting vespa untuk balap. kalo belum ada piala sebaiknya jangan.. judulnya jadi T E O R I… emang mau service vespa apa mau seting buat balap? kalo sekedar service aja bisa ke teman saya di sebelah gumati batutulis ada bengkel vespa.. bilang aja dari saya RIDOBROWN.. biar servicenya memuaskan.. tapi kalo mo seting untuk balap, ke bengkel vespa yang di cipaku HKRT..bisa dilihat di hkrt.blogspot.com untuk liat-liat..

    • Amsori says:

      Ke gms aja gan, om gepeng.
      Skrng bengkelnya di salabenda dpan gang bayem.
      Sebrangan persis dgn dealer mobil second.

  11. vespabodas says:

    strada saya kombinasinya 23-66 bukan 23-68 om? jadi mana yang bener nih?

  12. dicky says:

    bang klo seting karbu gmna caranya ??

    • ridobrown says:

      seting apanya..?? kalo masalah karbu, ya tinggal ganti aja ukuran ukuran spuyernya… misal awalnya apa.. trus diganti dengan yang lebih besar ukurannya…

  13. dicky says:

    ia bang buat setting balap

  14. dicky says:

    okk bang thaks infonya

  15. Firdaus says:

    Bang buka bengkel dong Bang.

  16. Rahadian says:

    klo exclusive 2 yg joss ganti no 1 dulu apa no 2??apa dua2nya?klo pake 23 /68 bisa ga???klo exclusie 2 itu kopling gede ya ???

    • restu hamam setiawan(Sakrat) says:

      punteun kang…
      knapa yah saya coba pasang gir box pke gir box strada di vespa super 75 yg akhir ny ngga bsa selah(ngeplos) knapa yah??
      mohon pencerahan ny.

      • ridobrown says:

        pasangnya 1 set ga?? kalo 1 set tidak apa-apa.. kalo ga bisa di selah.. coba liat pemasangannya dah bener blom?? gigi selahnya kepasang ga??

  17. restu hamam setiawan(Sakrat) says:

    1 set sih..ap pngaruh kopling pke gigi 22 tp ngga mngkin kan.
    as borobudur aj saya pke bawaan super soal ny ngga masuk klo pke as bawaan strada mh geude.
    Gigi selah ukuran ny sama dengan gigi borobudur tp ngga bsa d selah jga.
    jd bingung sayah.
    eh btw klo gigi 4 d gigi susun emang jarak celah antara gir itu sama percis dngan super ga?
    msalah ny pnya saya tuh sama percis.

  18. Piping X Darm says:

    om, kalo biar enteng di tanjakan panjang pake kombinasi gimana ya?

  19. Burhan says:

    Salam kenal kang, punten saya mau tanya nih, saya punya exclusive 91 sekarang sedang service mesinnya, plate/kampas koplingnya diganti baru utk exclusive (danmotor) tp ketika mau dipasang ternyata ukuran rumah koplingnya kecil dan katanya itu mah rumah kopling PS/super. Apakah bisa rumah kopling PS untuk exclusive ? kebetulan saya punya bekas yg lama dan ternyata diameternya besar. Dulu pernah bermasalah dgn kopling, saya lupa apa ketika dibengkel pernah diganti satu set apa tdk. Mohon bantuannya. Terima kasih sebelumnya.

  20. topanjae says:

    assalam mualaikum.. Kang..
    mau tanya ni.. kang, vespa sya px 81 koplingnya per 6 gear 21. klo ganti kopling ps yang jumlah pernya sama trus gearnya juga 22 klo ga salah.. itu bisa ga.. atau harus pke kopling excel atau exclusive yang gear 22.. berhubung ni vespa semnggu skali dipake jarak jauh purwakarta-bekasi.. trek jalan panjang lurus…
    Hatur Nuhun Kang..

  21. samid says:

    assalam mualaikum salam kenal dulur” khusus u/ kang rido maaf saya baru masuk di forum ini mau sekedar tanya dan tambah ilmu,.. u/ PX agar enak di pacunya jeroan mesin bagusnya di up date dengan apa ya.. maaf ngerepotin
    sejarah saya di VESPA dari saya SMP dah pegang PS thn 83 tp dijual, masa kuliah SUPER 78 tp dijual jga dan kali ini mau pnya momongan lg tp dlm jenis PX.. mohon petuahnya kang. terimakasih

  22. Pip X Darm says:

    px saya sudah ganti rasio strada, cuma koplingnya 23 saya dapatnya terpisah bukan paketan sama rasionya. waktu dipasang muncul bunyi dengung di mesin. kata montirnya akibat gearbox punya strada tahun muda, koplingnya punya strada taun tua. skrg masalahnya kalo keadaan jalan (tdk netral) kopling saya lepas muncul bunyi “krak..krak..krak” kalo kopling ditarik suara itu hilang. dan kalo kondisi mesin nyala netral. ada bunyi gesekan seperti tuas staternya diinjak/diselah trs ditahan gitu. kira2 apanya lagi yang harus diperbuat?

    sejak pasang gearbox itu sudah 2x bongkar pasang mesin gara2 selalu ada bunyi aneh2. saya sudah hampir putus asa mau pasang balik gearbox aslinya, tapi sudah terlanjur habis banyak biaya buat gearbox strada. mohon petunjuknya

  23. galih says:

    asalamualaikum.
    bos nu abi vespa PS thn 81 hoyong rada aya handapanan kumaha nya gigi 1 sreng 2 na?
    gigi 3 sareng 4 namah enakeun cuma gigi 1 gigi 2 na kirang lumpat bos kmaha nya tolong pencerahan nya bos .

  24. jatisupadma says:

    Bang brow salam vespa klaten
    Aq mau tanya nih,gmn pengaruhnya vespa kruk as kecil tp gigi rasio diganti punya exklusif satu set…..[α̲̅p̅α̲̅] ada kemungkinan kruk as nya melintir? Mohon pencerahan….maturnuwun

  25. jati supadma says:

    Salam vespa mas brow
    Mau tanya nih,[α̲̅p̅α̲̅] pengaruh nya vespa super 74 notabene kruk as na kecil,klo diganti gigi rasio satu set punya exklusif….mungkinkah kruk as na melintir….mohon pencerahan ….aturnuhun

    • ridobrown says:

      kalo melintir sih kaga… kecuali kalo setelannya untuk balap iya.. saya pernah mengalaminya.. gear ganti pake xcel, kopling gede, kompresi tinggi.. yang ada kruk as patah.

      • jati supadma says:

        Sebaiknya gimana menurut bang brow utk meningkatka performa mesin biar tarikan enteng,krn selama ini kupakai keadaan standar larinya cuma 60 km/jam keadaan spido masih jalan normal saat ini,[α̲̅p̅α̲̅] yg perlu dirubah utk meningkatkan performa vespa super kita bang?

  26. beda daleman excel sama exclusive 2 apa mas…. yang dimaksud dipoint nomor 2 hijau merah dan 3… terus lebih prefer yang mana yah… makasih

  27. gustav says:

    Excel saya jeroan standar, seher 4m, karbu24.24, knalpot racing…
    Top speed cuma sekitar 80km/jam , di gas lg getarannya terasa bgt…
    Kira2 normal ga ya?? Apa yg salah atau perlu ditambah kang biar bs sampe 100km/jam

    • ridobrown says:

      coba dilihat putaran kipasnya… apakah stabil atau goyang, kalo goyang, maka kruk as musti di center lagi.. seharusnya, dengan spek yang anda sebut, excel anda dapat melaju hingga 100 km/jam. tanpa harus merubah setelan karbu, knalpot racingnya keluar kiri apa kanan?? slenceernya kecil apa besar?

  28. teddy says:

    Salam kenal kang rido
    Saya punya sprin th 77 kopling sudah di ganti XL,kabulator sudah 20/20 tapi larinya engga ada,tolong pencerahannya…

    • ridobrown says:

      platina setelannya sudah pas belom?? knalpot sudah pake yang racing belom?? ganti yang racing kiri.. kalo masih belom ada perubahan..baru stel karbu… nanti laporan lagi deh..

  29. Rudi Kudil says:

    ane punya gear kopling strada 23 kopling kecil . gear borobudur nya 68 gear kopling yang lagi ane pake 21 . kalo gear kopling 23 nya kita pindahin ke tatakan gear kopling besar bisa yaaa ? jadi 23,68 . apa mesti samakan dulu ulir borobudur nya sama gear kpling nya ?

  30. teddy says:

    Terimakasih kang Rido pencerahanya

  31. josh says:

    mas aku punya super tahun 72, mau tak ganti gear set punya excel . itu nanti bermaslah ngk y mas ?

  32. bagus says:

    kang mw tanya, ane punya exel 150 masih standar baru ganti seher king korter 175, trus rencana mw main rasio. nah kira2 bagusan pake gear rasio strada atau spartan, untuk trek jauh sm tanjakan, trus perbedaannya apa? apakah putaran kecepatan nya berbeda.
    satu lagi kang kalo mw pasang bandulan di kruk as isepan bsa di bengkel mana ya. mohon rekomendasi nya kang dan kira2 butuh biaya berapa.

    tks

    • ridobrown says:

      kenapa harus pake seher king?? trus pake laher apa kuningan di kruk as nya..?? kalo pake laher sih masih mending.. tapi kalo pake kuningan.. kurang bagus.. ditanjakan tenaganya kurang.. pake rasio strada aja. pasang bandulan apa ya?? di bengkel bubut

  33. Piping says:

    maaf, pertanyaan dasar lagi om
    pilih mana gigi spartan atau gigi strada? kan masing2 cuma beda 1, (spartan 65 dan strada 66)
    dan apa bedanya masing2 gigi tersebut ketika terpasang di mesin

  34. Cecep says:

    Gan, mau tanya. Saya punya Sprint 74, kalau di ajak lari tenaga nya jadi ngeden, gak lepas. Kira2 masalah nya di mana.? Ada yg ngomong dari rumah kopling nya, karena pake yg lokal jadi ngeden katanya. Kira2 kalau di ganti pake rumah kopling Exce oril bisa gak.? Terima kasih.

    • ridobrown says:

      nt kan masih pake platina, coba dilihat stelan platinanya sudah pas belom? setelan karbunya bagaimana?? kalo masalah rumah kupling, tidak masalah mo lokal atau pun ori.. yang jadi masalah, kalo lokal biasanya suka pecah.. itu saja…

      • Cecep says:

        Udah pake CDI gan, karbu bahasa nya gak ngerti tapi pake yang 24/24 spuyer udah paling besar. Tapi tetep kalau lari ngeden.

      • ridobrown says:

        knalpot sudah pake yang racing?? kalo sudah, berarti setelan karbu belum maksimal.. coba liat supyernya ukuran berapa?? atas berapa, tengah berapa, bawah berapa..

  35. mas kalo vespa super tahun 76 gigi set ny kuran brpa aj yg bagus tuh mas?

  36. mas kalo vespa super tahun 76 gigi set ny kuran brpa aj yg bagus tuh mas?
    biar tarikan nya enteng mas…

  37. duddydw says:

    Yg dimaksud ulir mananya bang?

  38. jonoana says:

    permisi om rido
    untuk meningkatkan perputaran gigi borobudur
    kalo menurut gambar no.2 warna ijo
    sebaiknya pake gigi yg 66 apa yg 68 ya om

  39. Tyo says:

    misi om ridho , saya mau curhat niH.. Gir 68 itu punya vespa apa ya om ? gir input 1,2,3,4 nya berapa kalo yang om pake ?
    Kalo dipasangkan kopling gear 22 (super) apa bisa ?

    salam kerak tebal..

  40. Onetwo scoot koplak says:

    Om mau tnya, klo untuk trek panjang, ger 67 cocok pakai kopling yg brapa.?
    ,trus klo yg 68 brapa.?
    .makasih om Rido

  41. tri kusuma says:

    mas bos.. jgn lah ngsih ilmu yg mnyesatkan.. mana ad gir primsek.23/68 klo ga kena ngebubut.????
    koplng 23 pnya spartan/ strada..
    mang bisa msuk ke px/excel tanpa dibubut mata gir koplng n brobudurnya..

    jd klo mau ngsh tau yg bner.. jgn asal aj..

  42. tri kusuma says:

    kalo ga percaya.. ayuk tes langsung dmotor w n kawan w..

    1lg.. girset super n ps itu beda..

    • ridobrown says:

      terima kasih atas komentarnya… vespa saya yang excel.. menggunakan dalaman strada 1 set… untuk kopling saya pake gear 23 tanpa harus bubut sana bubut sini..cari ulir gear yang pas.. gear set super dan ps sama aja..

  43. Lumban says:

    Sore bang, mo Tanya, vespa ku sprint askruk Kecil, ban 10, Karbu 20:20
    Pertanyaan saya, knapa kq ga bisa di stel langsam terendah.
    Gmn yah bang solusinya biar tarikan Gigi 1 Nya bisa enteng walo pake asKruk kecil dan ban 10.
    Kalo mo ganti ke as kruk Besar , yang dirubah part’nya apa Aja yah bang?
    Trus apa bisa gear (21)yg diruma kopling 6 saya di tancepin kerumah kopling 7, apa Ada pengaruh tarikannya?
    Untuk sementara itu dlu. Salam kenal bang, trimakasih atas ilmunya,GB

    • ridobrown says:

      karbunya… pake sepuyer ukuran berapa?? saran saya.. bawah 90 atawa 100 tengah b5 atas 160, untuk angin pake 48, setelan angin yang di belakan karbu.. puteran 360derajat 3x dari tertutup. coba aja dulu…

  44. Ari says:

    salam kenal bang rido, saya mau tanya apa klo beli gir set itu bisa eceran yang baru? klo emang bisa, apa itu dijual ya di toko2 semacam otista gitu? thanks

    • ridobrown says:

      setau saya sich.. ga dijual kalo ditoko kalo yang baru..tapi kalo copotan iya.. bisa dibeli ditoko tertentu saja yang kebetulan jual.. umumnya beli di bengkel atau tukeran sama teman..

  45. samid says:

    pagi om mau nanya, ane akhirnya ada px exclusive II, minta petunjuk om kalo bearing kruk as nya di ganti pake NTN atau FAG ada ngaruhnya gak ya om. thx

    • ridobrown says:

      samid: secara fungsi sama saja.. tapi secara kualitas dan daya tahan, bahan baku, tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.. kadang harga tidak bohong..tapi ada juga harga mahal tapi barang palsu.. untuk pengetesan,.. nt putar aja itu bearing masing-masing.. mana yang paling lama berentinya.. pilih deh tuh..yang paling lama berentinya..

  46. Fajri Aditya says:

    punten akang senior ridobrown
    saya mau nanya nih mas , vespa saya px 1982
    saya mau bikin mesin balap .
    saya pake seher ninja 250 , karbu 24;24 , gear set punya excel , kopling gede , koil blue thunder and pake cdi .
    kekurangan dan kelebihan nya apa yah mas kalau make baha2 tersebut .
    salam satu jiwa scooteris serang banten

    • ridobrown says:

      fajri..kalo diliat dari spek..sudah mantab..yang jadi masalah..bisa ga nyetingnya..cari pas-nya..
      trus, untuk crankes mesin..sebaiknya menggunakan mesin excel yang lebih muda + kruk asnya.. spek nt ini masuknya kelas apa? FFA, apa gimana? jadi liat kategori klas juga.. sehingga tidak mubajir..

  47. lupus says:

    Bang vespa saya taun 72 kalo pake gear set strada sama kopling 23 ada yg harus di ubah ga

  48. lupus says:

    Bang vespa 72 as kecil apa bisa pake gear set strada kopling 23..apa ada yg harus di ubah?

  49. Pipi says:

    saya pakai gearset spartan di mesin excel, sedangkan bodyset saya pakai PS 81, dengan roda ukuran depan 8 dan roda+tromol belakang tetap bawaan excel yaitu 10. karena vespa ini saya siapkan untuk turing, apakah roda belakang saya ganti juga pake ring 8 ataukah roda depan yang saya ganti ring 10?. mohon dibalas dan masukan plus minus pemakaian ring 8 atau 10. terima kasih sebelumnya

  50. Pipi says:

    om rido, sejak ganti gearset spartan. px saya susah oper pada gigi 2 menuju 3.kadang harus dibikin tarikan panjang dulu baru bisa oper. padahal ketika pakai gigi excel empuk2 saja. gigi palang sudah baru juga. mohon petunjuknya

  51. Meylan Singgih A says:

    om… Kupling gede per 7 punya excel bisa diaplikasikan ke seprint apa kagak?
    kalo bisa, perlu ngrubah apa aja? haruskah gear set’nya juga di ganti punya excel apa masih bisa pake bawaan sprint?

  52. M.I says:

    Om Ridobrown, klo gearset yang bagus buat touring ke daerah yang kontur jalannya banyak tanjakan terjal n turunan terjal, seperti jalanan pulau sumatra, kira2 gearset yg cocok apa ya om? Vespa saya VBB, untuk gearset masih standar, apa cocok buat kontur jalan seperti itu om?

    Terimakasih

    • ridobrown says:

      kalo untuk gear..pake bawaannya aja…tapi untuk kopling dan karburator..harus pas setelannya.. karena nanti akan maen gas dan kopling di jalan yang terjal.. juga rem tangan sebaiknya berfungsi…

      • M.I says:

        Makasih om Ridobrown. Nah klo mau rubah platina ke CDI, apa harus ganti kruk as om? Mesin saya vespa VBB1 thn 61. Ada rencana mau ubah ke CDI biar pengapian stabil, kira2 persisnya apa aja yg dibutuhkan ya om untuk perubahannya, barang2nya sama crankcasnya gmana? Trims

      • ridobrown says:

        kalo vbb th 61, untuk dirubah menjadi CDI, butuh biaya besar dengan menggunakan part-part asli vespa.. magnet musti ganti harga sekitar Rp.400ribu, dudukan spul cdi 150ribu, spul2 ganti semua ada 5 Rp.300rb, micro rp.50ribu, CDI merk VIVO Rp. 80 ribu, kabel-kabel bodi ganti punya px Rp.150rb. kruk as harus yang besar..saran saya… mendingan beli mesin px atau excel..1 set harga sekitar 1.5juta s/d 2 juta, tergantung kondisi.. kalo dah ada mesin excel/px, tinggal ganti kabel-kabel body aja,+ beli regulator untuk lampu Rp.80rb

  53. doyok says:

    Om. Mau nanya..
    Saya beli gir ratio strada tanpa beli gir kopling..
    Vespa saya pxthn 79 jadi perbandingannya 21,66 apakah bisa di pasang tanpa harus merubah gir kopling menjadi 23??
    Dan apakah saya harus ganting kopling yang lobang 7??
    Thx mas

    • ridobrown says:

      kopling kalo bisa ganti pake excel.. yang lobang 7…gear tergantung kebutuhan.. kalo pake 21… berati untuk trek-trek pendek cepat naiknya…tapi cepat abis napasnya…gear 21 cocok untuk trek pendek.. kalo gear 23 itu untuk long treck.. 400m hingga 1000m..

  54. ijonk says:

    om ridho , mau nanya saya punya vespa super 74 untuk naikin performa apa aja yah ? terimakasih suhu 😀

    • ridobrown says:

      sebenarnya.. kalo untuk jenis super..jangan dimacam-macamin..buang-buang duit aja.. tapi kalo untuk sekedar buat nambah power, bisa dengan bermain di knalpot aja dan seting karburator… ganti karbunya pake ukuran 20-20, kenalpot standar, ganti pake knalpot standar px atau excel, kalo ada duit lebih, bikin knalpot racing, cara membuatnya bisa liat di tulisan saya.

  55. ijonk says:

    ohh gitu yah om .. satu lagi om mau tanya . kenapa vespa saya kalau keadaan netral . agak berisik . tp pas dipencet kopling adem . apa koplingnya bukan aslinya yah.
    sekali lagi makasih om .

  56. Dadan N ramdan says:

    asslmkm, kang ridho. sy beli gear set excel. plus as rodanya., dipasang di super75. kopling per 7 tapi ulirnya gak tau berapa.
    sekarang nyala, tapi ada suara (ngrek) tiap kali tarik gas di posisi netral. makin kenceng kalo di gas pol. tapi kalo masuk gigi (gigi 1 misalnya) sambil injek rem dan tengkep kopling ilang suaranya. muncul lagi kalo lepas kopling (sambil dinaekin vespanya) mohon pencerahan. itu dulu deh. hehehe. Nuhun.

  57. Rivaldi says:

    permisi mas rido . saya mau tanya , motor saya px tahun 79 . saya mau pake kopling strada bisa gak ?? apa harus ganti rasio nya juga ??

  58. omin says:

    Super 74 tidur sktar 6-7th, skrng sy idupin lagi, ganti tank bensin, kabel persneleng dan kbl kopling, karburator kampas, stut kopling dll jg ikut diganti. Sudah skitr 1 minggu sy buat jalan2, tp sekarang kok ada suara berisik/kasar pada msin saat msin idup posisi netral dan kopling lepas, kalau kopling saya tarik suaranya ikut hilang, sy lepas kopling suara nongol lagi, kira2 masalah dimana ya…?

  59. zali says:

    om rido, mau nanya, super 76 saya gear nya gigi borbudur nya banyak yg ompong, mau nyari gear set nya sekalian. klo gak ketemu gear super, yang lain gear apa om yang cocok. mksh.

  60. AgungWs says:

    Mas bro, mau tanya. Vespa saya exclusive 2. Disaat gear masuk dan jalan terdengar suara spin tapi kalo diam tidak jalan tidak ada bunyi spin. Itu dari mana ya? Apa dari gear? Gear yg mana kira2? Tidak pengaruh ke performa sih tapi kuping gak enak aja. Hehe. Thx

    • ridobrown says:

      ini maksudnya.. suara spin itu apa?? apakah hanya saat masuk gigi saja? stelah gigi masuk dan vespa sudah jalan tidak ada lagi? atau gimana?

      kalo saat gigi masuk bunyi…berarti kopling kendor.. tapi kalo saat jalan masih bunyi seperti suara sirine.. berarti itu tutup magnetnya ada yang di rubah, biasanya ada lobang kecil dekat arah selahan

      • Agung Ws says:

        Bunyi itu timbul waktu jalan aja mas. Waktu berhenti biarpun gigi masuk gak bunyi. Apa ada kemungkinan dari gear kopling kah?
        Oiya dulu sebelum saya restorasi ini vespa sempet diakalin biar kopling nya enteng.

      • ridobrown says:

        kopling diakalin seperti apa..? untuk supaya kopling enteng… pertama gunakan per kopling yang asli..2 kabel dan rumah nya yang bagus, dan dikasih oli.., untuk di ikat ke nepel menggunakan kabel luar biar gampang setelnya..

  61. zulfian says:

    Kang rido brown. Mesin sya thn 1985. Bisa di pasang gear kopling 23 + borobudur 68 ga?
    Apa hrs merubah sesuatu?
    Klw beli gear kolping yg 23 satu set sma kopling nya apa bisa gear nya doang?
    Mohon pencerahannya

  62. isworo says:

    Saya punya sprint 76, mau ganti rumah kopling excell, kira2 ganti gear box juga ga boss??

    • ridobrown says:

      sebaiknya ganti juga…biar balance..

      • pran says:

        Om saya pake px udah cdi api sih bagus seher 5m larinya ko gada yah apa karna karburator nya ya ?

      • ridobrown says:

        banyak faktor.. 1. kenalpot, 2, setelan karbu, 3 blok seher, 4 Kopling.
        1. pake kenalpot apa? standar ? apa bobokan? atau Racing? keluar kiri apa kanan? silencernya gimana?
        2. Setelan Karbu: main jet dan pilot jetnya berapa?
        3. blok seher: sudah direamer atau belom??
        4. ini pake kopling kecil apa besar?
        nah..nt jawab dulu…tar di jelaskan..

      • pran says:

        Knalpot bobokan kluar knan, karbu bekas super, blok seher sih lubang 3,
        Kopling kecil,
        Klo ukuran main jet sama pilotnya gatau deh
        Tips yg harus di rombak apanya om dan rinciannya kena berapa ya ? Supaya enak aja buat touring kaya ke sawarna gitu kan jalannya naik turun

      • ridobrown says:

        kopling musti ganti.. yang besar..excel aja.., karbu super berarti ukuran 15/20.. ganti pake karbu px ukuran 20-20. beli baru aja itu karbu, walau itu buatan taiwan tapi bagus.. itu aja dulu..

    • ridobrown says:

      ga usah.. cukup ganti gear kopling aja.. jadi 23..tapi liat dulu..alurnya masuk ga.. kalo ga musti ganti 1 set..

  63. pran says:

    Klo karbu 24/24 gimana bang ? Soalnya itu yg siap pake, klo kupling sambil nyari Yg copotan bang

    • ridobrown says:

      sebenarnya ga masalah.. kalo pake karbu 24/24.. pertanyaannya.. itu karbu ori atau lokal? kalo ori sukur.. kalo lokal, musti dilakukan menyetelan dulu..biar pas..tapi kalo koplingnya kecil.. sebenarnya kurang gentakannya… tapi di coba aja dulu…

      • pran says:

        Lokal om, kalo kopling sih lumayan hentakannya cuman nafasnya kurang panjang itu efek dari kopling apa stelan karbunya ya om ? Om klo knapot udang bagusan buang kiri apa kanan ?
        Om boleh ga bincang2 masalah vespa saya tinggal dibogor om

      • ridobrown says:

        kalo napas kurang panjang, berarti.. itu bisa juga setelan karbunya belom pas..antara main jet dan pilot jetnya musti di lihat dulu.., kenalpot, bagusan keluar kiri, dari segi kenyamanan dan ke awetan.. bogornya dimana..?? saya kadang suka nongkrong di royal hotel, jl. juanda tiap malam minggu.. tapi itu juga tidak rutin lagi.. karena waktunya yang berbentrokan dengan acara yang lain..

  64. pran says:

    Oh gitu bang klo teori buat nyetel spuyer masing2 berapa puteran drajatnya ?
    Di ciapus bang klo ke tenaga ada bedanya ga klo yg kiri ama yg keluar kanan ?

    • ridobrown says:

      kalo untuk karburator..itu ada teorinya..untuk trek panjang.. 3x puteran 360 derajat.. kenalpot kiri dan kanan, masing-masin ada teorinya…kenapa pilih kiri, pertama, seperti bawaan kenalpot aslinya, itu keluar kiri, dan pabrik sudah memperhitungkan hal tersebut dari segi aspek kemudahan, kenyamanan mengganti oli, dan segi ke awetan.. kalo kenalpot kanan.. umumnya susah untuk membuka baut lobang oli.., slencer gampang patah karena gena getaran mesin, perut kenalpot sering penyok karena kena tanggul.. dan secara power.. knalpot kanan banyak hambatan..jadi musti distel ulang karburatornya..

  65. Cobain says:

    Mas ridho saya mau tanya nihh mengenai scooter, saya mau nganti seher ninja mas buat P.S kira” ada problem gak ke mesin..??

    • ridobrown says:

      perlu diketahui..kalo ninja 2 tak itu menggunakan pendingin air.. jadi sehernya dibuat untuk spek dengan pendingin air..artinya.. kalo pada suhu tertentu, maka pendingin berfungsi untuk menjaga supaya tidak overheat seher.. silahkan aja coba dulu..memang sih.. seher ninja itu lebih ringan..pengalaman temen saya yang pernah pakai di vespa, itu seher jebol.. hehehehe

  66. Cobain says:

    Maksudnya buat mesin P.S

  67. Cobain says:

    Oke mas atas infonya..
    Pake yg biasa aja deh kalo gitu, soalnya buat setiap hari..

    • ridobrown says:

      iya.. sebaiknya gitu.. saya dulu sudah pernah pake seher dari motor jepang, mulai dari RX king, Ninja..ternyata ada kelemahan.. dan lagi.. ternyata seher asli bawaan vespa yang unggul di sirkuit sentul internasional..8 lap gas poll terus ga bolong atau macet… tentu dengan oli campur yang bagus, shell atau repsol competicia

  68. ricky says:

    Bang saya beli vespa px udah saya bongkar koplingnya tapi pas saya hitung berulang kali gigi koplingnya jumlahnya 20 gimana tuh bang.. emang ada vespa yg orisinilannya gigi kopling 20?

    • ridobrown says:

      bisa jadi..setau saya 21 untuk px.. coba cek temen kamu yang super.. gearnya 20 apa 21.. kalo ternyata bawaan super 20.. berarti gear px kamu telah di tuker..

      • ricky says:

        Tapi emang ada ya bang gigi kopling 20.. trus perbedaannya apa (kerasanya)
        sama yg 21,22 atau 23?

      • ridobrown says:

        perbedaannya adalah dilangkah.. gear 20 ,21, 22 untuk track pendek 201, akselarasi cepat naik..tapi biasanya pas pindah gigi 4 ngedrop. gear 23, tarikan panjang semua.. 1,2,3,4 naik terus…tapi tentu dengan menggunakan kopling besar.

  69. pran says:

    Om mau nanya dong klo kopling kecil trus gear koplingnya diganti jadi ukuran 23 ulirnya masuk ga ya ?
    Minta juga tipsnya dong om klo vepsa px biar enak buat touring biar nyalip ga ragu ukuran spec dari karbu, piston, transmisi dan kopling pake yg berapa aja yah ? Minta juga penjelasannya om makasih

    • ridobrown says:

      kalo itu.. harus di coba dulu.. masuk apa tidak.. , untuk setelan touring, vespanya masih platina apa CDI? kalo platina, setelan top nya harus pas.. untuk karbu cukup bawaannya saja, tinggal di stel bukaan anginnya.. dicari yang pas sesuai dengan jenis kenalpot yang dipakai.. yang pasti kalo pengen enak, semua serba original..

  70. Cobain says:

    Mas ridoh kalo tromol dpn excel buat ke super biga kga kira”…

  71. pran says:

    Pengapian udah CDI om, berati 20/20 dong karburator nya ?
    Trus klo piston gaperlu di perbesar cukup standard saja ?

  72. eja excel says:

    Misi kang nmpang nanya ni, bagus settingan gear shet buat touring biar dapat topsped nya berapa ya kang, punya saya excel th 95.

    • ridobrown says:

      excel pada dasarnya sudah kencang.. jadi sebaiknya stel karbu aja disesuaikan dengan jenis kenalpotnya.. dan plat kopling sebaiknya pake yang ori atau mahal.. danmotor..

      • ejameirani says:

        knalpot saya racing, stut kopling saya pakai racing punya dan juga kampas nya
        kira kira ukuran yang pas buat setelan karbu berapa ya kang, me jet dan pilot jet nya
        makasih pencerahan nya kang

      • ridobrown says:

        kenalpot racing nya keluar kiri apa kanan..?? gear kopling ukuran berapa? 21, apa 23?, pilot jet pake 160-B5-100(untuk 100 bisa juga pake 110,120 disesuaikan dengan setelan angin), main jet pake yang tertingi.. saya lupa 43 atau 48

      • ejameirani says:

        Pakai keluaran kiri, pakai yg 21 kang
        Oh iya kang mau nanyak kalau excel 200 gmana kang menurutbakang?
        Pasaran d sana berapaan ya kang?

  73. ejameirani says:

    Kang excel buat turing agar dapat topsped gearshet nya di jadiin berapa ya?

  74. rahman says:

    assalamualaikum
    om rido ane mw minta ilmu
    ane mw balapan sama vespa teman
    apa saja yang mw di robah dalam mesin nya

    mohon bantuan nya om,,,

    • ridobrown says:

      wa alaikum salam warohmatullohi wa barokatuh… wah…nt baca-baca aja atuh.. tulisan saya..yang pasti.. kalo vespa mo kenceng yang harus dipersiapkan : karbu, kopling, gear, kenalpot, jenis ban….

  75. zul says:

    Boleh tanya dong.
    Klw yg warna merah sama biru jumlah gear nya brp ya utk vespa strada?
    Makasih kang

      • hadisopian says:

        Om mo tanya,,,vespa saya exclusive 2 96,,,tiap d tanjakan,tiap oper gigi dari 2 ke 3 walau Ĺªģ¡ kenceng,,g mau lari,,malah kaya yg banjir,,bet bet bet bet gtu,,,,,malah tmbah plan klo gigi 3,,kira2 apanya y?mhon infonya,,makasih

      • ridobrown says:

        banjir? apa ngeberebet itu suara?? berarti setelan karburatornya belom pas.. bisa juga kotor.. coba di bersihkan dulu itu karbu..

      • alfan says:

        Gan mau tanya ni saya punya eklusive 2 seher 9m kenalpot recing buang kanan,gir set ori rumah kopling pake excel,ko lari ga nyampe 100/km knpa ya gan mohon pencerahan nya

      • ridobrown says:

        setelan karbu dah pas belom?? ukuran spuyer, setelan angin… disesuaikan dengan jenis kenalpot.. harusnya bisa mencapai 100km/h lebih

      • emir says:

        strada itu 66 23 coy ga ada 68 23

      • emir says:

        banyak ilmu yg tidak sesuai dengan teori vespa nih om khususnya di gearbox penjelasan anda banyak yg salah contohnya anda bilang di salah satu comment gear strada itu 68 23 sedangkan tidak ada gear strada dengan jumlah tersebut dan tidak ada pula gear dengan jumlah sekian,kalau anda masih ngotot tentang teori anda mari kita bertemu dan berdiskusi karna banyak pengguna vespa yg salah menangkap ucapan anda kasian mereka,makasih

      • ridobrown says:

        betul.. gear 68 23 itu gear excel bukan strada maaf salah tulis..itu saya kombinasi.. coba liat tulisan saya lagi..

  76. deeelll says:

    mas mau nanya.. sprint veloce saya udah ganti bandul kruk as px dan krengkesnya,, tp rasio smua tetap sprint,, saya mau ganti kopling set exel tp gigi kopling nya21 dan 67,, apa ada gigi kopling exel yg 21?

  77. pranata says:

    Assalamualaikum om rido vespa saya px, cdi trus dulu pake karbu 20/15 kan larinya kurang trus sekarang pake 24/24 lokal ada perubahan tapi kurang maksimal, kopling sih kecil nah tipisnya biar maksimal buat nanjak apa harus ganti gear set excel ? Minta sarannya om oh iya minta referensi bengkel vespa yg jujur om buat service ringan/ turun mesin

    • ridobrown says:

      wa alaikum salam…px itu aslinya karbunya ukuran 20-20.. jadi kalo yang nt karbu 20/15 itu punya super.. saran saya pake karbu 20-20 aja.. karena karbu yang 24-24 itu.. perlu penyetelan yang cukup lama.. cari pas-nya rada susah, disesuaikan dengan spek mesin dulu soalnya.. kopling harusnya dah gede kalo untuk px..kalo masih kecil.. itu punya super.. apakah di tuker? bawaan px itu koplingnya besar..karbu 20-20..

  78. Abdul says:

    Kang, ngiring tataros…
    Punya ane sprint 76…
    Speknya pengen buat harian aja.. Ngebut jika diperlukan…
    Apakah tetep pada posisi bawaan? Mksd saya jika ada kerusakan Dan harus diganti sebaiknya ganti dgn part Asli saja, gak oplosan..
    76 bandul kecil ya?
    Pengen enak aja tu sprint buat jadi tunggangan, ya resikonya harus nabung dlu buat ngembaliin kesehatannya..
    Mohon sarannya..
    Sukses n sehat selalu buat kang rido..
    Makasih

  79. yogavilvil says:

    assalamualaikum bang rido, saya mau tanya nih vespa saya pake px mk1 no sem tahun 79 blok pake western lobang 5 standard, udah cdi, koil pake blue thunder, kopling kecil. kenapa yang bang kalo saya boncengan tanjakan atau saya sendiri lagi kenceng kok sering ngejim? padahal oli samping udah banyak.. tolong pencerahannya

  80. Yoga Vilsy says:

    Bagaimana cara yang ampuh agar seher bisa cepat matang om?

    • ridobrown says:

      1. beli seher bekas/copotan.. kalo teknik direbus dengan oli ada juga..tapi saya tidak menyarankan.. percuma..buang waktu..
      2. beli seher yang original.. untuk keluaran danmotor mulai dari 0m s/d 3m… lebih dari itu tidak ada yang original

  81. Yoga Vilsy says:

    Om gimana cara merawat seher agar cepat matang?

  82. Yoga Vilsy says:

    Sehernya saya baru ganti ini om pake vesgio ring tipis 0m.. apa kurang bagus ya om? Terus sehernya udah di papras dalemnya biar enteng terus lubang samping sampingnya di besarin sama bengkel. Itu menurut om pengaruhnya besar atau gimana om? Kalo soal ke awetannya gimana tuh kalo begitu? Terimakasih

  83. Yoga Vilsy says:

    Seher yang bagus merk apa om?

    • ridobrown says:

      seher yang bagus.. ya yang original.. bawaan vespa.. beli aja bekas excel…yang masih 0 m.. saya juga pake seher bekas excel… blok baru..jadi ga usah inrayen lagi..bisa langsung gas… kompresi tinggi.. padat..

      nah.. untuk yang yoga.. sebenarnya blok western itu kurang bagus..sebaiknya pake blok asli bawaan vespa.. saya ada tuh bekas exclusive.. 2m .. dulu saya beli 400 ribu..ga di pakai.. tapi musti di cari dulu.. soalnya disimpan di gudang..

    • ridobrown says:

      kalo masih 0 m.. beli aja seher yang baru dan asli.. merk danmotor..

  84. Yoga Vilsy says:

    Minta kontak dong bang

  85. Adityo says:

    Malam Om Brown..saya punya super 78..apakah bisa di pasang gear set excel ? Apa yg musti di rubah/diganti/ di akalin?..apakah ukuran nya pas dan sesuai (plug and play)…lalu apa pengaruhnya ke super saya (karbu 20/20, cdi, magnet ekslusif) trmkash Om

  86. yusuf says:

    kang ni kebetulan nemu blog kang ridho yang top…….saya mau beli vespa. kondisinya mesin berisik kayak dari suara seher/stangnya. trus kalo tuas kopling di tarik tambah berisik, trus selip maunya loncat2 aja tuh vespa…..kira2 apa ya problemnya? (buat perhitungan harga tawar) syukur2 kalo akang mau kasi bocoran biaya perbaikannya….#pecinta vespa yg masih awam. trims kang

  87. faishal says:

    selamat siang mas rido.. saya punya vbb trs rencana ganti mesin pake super74 . apa As roda belakang sama koplingnya bisa tetep pake punya vbb nya ? atau harus rubah2 ngga ? terimakasih mas rido

  88. faishal says:

    selamat pagi kang rido, maaf numpang nanya saya punya vbb mesinya rencana saya ganti pake punya super. apa bisa as roda belakang berikut tromolnya tetep pake punya vbbnya. mkasih kang

  89. iday says:

    kang saya pake vespa excel 2004, abis korter jadi 3m, ganti stang seher, ma bearing, udah sebulan yang lalu, tapi ko nafas nya pendek pendek ya kang, gigi 1 pengen buru buru pindah ke gigi 2, kya diputaran tinggi terus gitu maunya. mohon pencerahan dong.
    nuhun.

  90. iday says:

    apa ukran spuyernya saya kembalikan ukuran normal main jet160-102 pilotjet 48., skrg 150-102 & 42

    • ridobrown says:

      iya atuh… sebaiknya gitu… kalo pengen lebih kencang lagi larinya.. coba lihat main jetnya yang tengah B berapa?

      • iday says:

        ok kang, saya coba, pertanyaan lainnya olie pisah masih ok, ke tangki juga saya campurin, tapi asap knalpot masih bau sangit klo abis digeber , motor cmn dipake seminggu sekali ngorternya baru sebulan yang lalu, apa masih inrayen gitu.? saya lagi cari second opini, karena bengkel nya bilang geser posisi nahpur aja klo nafasnya pendek pendek.
        tks.

      • ridobrown says:

        Ga usah geser napur dulu.. itu masih inrayen.. apalagi baru 1 bln.. dan frekwensi pemakaian 1 minggu sekali.. itu bisa 6 bln..kondisi pemakaian seperti itu..

  91. kempor7 says:

    Setelah Saya baca semua.
    Ternyata udah 4 tahun pertanyaan masih dijawab terus.
    Jadi Saya ikutan tanya, semoga dibalas.

    Begini, Mbah Saya Ada sprint ndongkrok gak ke urus kondisi terakhir dpreteli bengkel gak tanggung jawab.
    Plan mau dibangun lagi biar enak buat warisan. Kemarin kena racun akhirnya beli gear set komplit punyanya excel tapi belom sempet masang. Trus barusan ditawarin mesin px tinggal naik.
    Yang Saya tanyakan, enaknya Saya masukin gear set Excell ke sprint, atau beli mesin px dmasukin gear set excel?
    Atau malah simbah punya saran mesin sprint, px, gear set excel dijadiin Satu???
    Mohon saranya.
    Terimakasih.

  92. Tofik says:

    assalmualaikum kang ridobrown.
    saya mau tanya, gimana caranya naikin kompresi, gedein pengapian sama seting karbu biar pas sama kompresi dan pengapian.
    soalnya dulu waktu sekolah di smk masuk jurusan sepedah motor, di kasih tau dasar dasarnya. 😀
    motor vespa ane ekslusif tahun 92 masih standaran.
    hatur nuhun kang.

  93. tofik says:

    assalamualaikum kang ridobrown.
    saya mau tanya, gimana caranya naikin kompresi, gedein pengapian, sama seting karbu biar pas sama kompresi dan pengapian ?
    dulu waktu sekolah di smk masuk jurusan sepedah motor di kasih tau dasar dasarnya. 😀
    vespa saya ekslusif tahun 92 masih standaran.
    hatur nuhun kang.

  94. tofik says:

    assalamualaikum kang ridobrown.
    saya mau tanya, gimana caranya naikin kompresi, gedein pengapian, sama seting karbu biar pas sama kompresi dan pengapian ?
    vespa ane ekslusif tahun 92 masih standaran.
    hatur nuhun kang.

  95. om saya mau tanyak vespa saya px tahun80 karbu pakek 24-24 pengapian platina trus gigi rasio.nya masih standar 21-67 yang saya pertanyakan apakah bisa diberi gigikopling yang 23 milik strada/spartan tp pakek kopling house kecil pir 6 ? dan apa pengaruhnya nantinya om? atau sebaiknya saya pakek koling yg besar?
    mohon dijawab om maklum saya blom banyak ilmu dan saya masih coba”.

    • david says:

      Mau tanya bang….kalo gear 68 di pasang kopling besar 23..pasti pas gak??ato ad ngerubah apaya gitu?makasi bang

    • yuda says:

      ini saya aga bingung.. kl liat di scooterhelp itu,
      geer kopling spartan 23-65 ga bisa tuh pake kopling 22 atau 21..
      trus kl strada 23-66 tapi geer kopling bisa pake 22 atau 21..
      super sendiri pakenya 22-67 kopling bisa pake 21 tapi tidak bisa pake 23..
      dan exel – px pake geer 21-68 kopling nya ga bisa pake 22 atau 23.. setau saya sih gt.. mas ridho..

  96. nia says:

    Maaf bang….gear 68 kalo di pasang kopling besar 23 pasti pas??atau ada ngerubah apanya gitu…makasi bang

  97. roby agara says:

    kang vespa abi super 76, klo digas gak kuat ngebut, di tanjakan sering batuk terus mati naon na nyak kang?

  98. Wendy says:

    Bang, super 76 ane masih standaran za, klo cuma ganti kopling pake kopling excel, kira2 bermasalah ga yah?atau mesti’y gmn baek’y bang?…yg penting jalan’y ga kesalip mulu ma motor bebek…hehee

  99. kanki says:

    kang vespa saya kan exclusive, kopling kecil tapi gigi 23, kalo mau pake kopling geude, gigi 23 yg di kopling kecil bisa di pake di mangkuk kopling geude ngga ?

  100. kanki says:

    berarti tinggal mindahin gigi koplingnya doang ya kang ke mangkuk kopling geude ? soalnya udah pernah coba pake kopling geude gigi 21 ngga masuk.

  101. Wendy says:

    Bang Rido,..vespa ane super 76 msh standaran, klo ganti set kopling excel bermasalah ga yah? atau bang rido punya saran, byr motor ane ga ketinggalan mulu ma motor bebek?…hehee ^_^

    • ridobrown says:

      kalo mo bicara jujur.. mesin super itu ada batasnya.. beda dengan px atau excel.. saran saya ..ganti kopling aja pake yang besar.. lalu karbu pake 20/20, kenalpot ganti pake racing keluar kiri. itu dah cukuplah untuk lawan bebek standar.

  102. kanki says:

    oke kang nanti saya coba, kalo beli ngset kopling ada ngga ya kang, kalo ada kira kira berapa harganya ? 😀

  103. Yafie says:

    Om mau tanya, sya wktu itu jln” pkek vespa ps thn 89 , dari palembang tujuan pagaralam, kalo jalan lurusan gk ada masalah meskipun si rpm tertinggi, nah klo pas tebing curam, tenaga motor hilang total, kyk gk ada kompresi , itu disebabkan krna mesin kepanasan aja atau ada kendala di bagian flm mesin ?

  104. dhika says:

    kang saya abis ganti oli tapi pas saya miringin vespa nya ko oli nya ngucur dari bak kampas rem, itu kira2 apanya yang harus di ganti kang, mohon balasan nya

  105. dhika says:

    kang saya baru ganti oli tapi kenapa pas saya miringin vespanya olinya ngucur dari bak kampas rem itu kira2 apanya yang perlu diganti biar gak ngucur terus, mohon balasan nya.

  106. Fefeng says:

    Kenapa vespa sprint habis pasang perumahan kopling exclusive kopling gak jalan dan kalau dtarik tuasnya muncul suara desing dari skitar as kipas magnet

  107. Fefeng says:

    Kenapa vespa sprint as besar ganti prumahan 1set vespa exclusive kopling gak jalan
    Kalo per nya dipotong agak jalan koplingnya tapi tarik tuas muncul bunyi desing dmesin dkat as kipas magnetnya.

  108. Krishna mahardika says:

    Bang…. Mana bagusan knalpot racing keluar di kiri apa di kanan?? Mksi.

    • ridobrown says:

      tergantung kebutuhan… yang pasti.. kalo saya lebih menyarankan keluar kiri, karena memudahkan perawatan.. ganti oli mesin gampang, umur kenalpot panjang, slencer jarang patah.. dari segi performance tergantung setingan karbu saja..menyesuaikan dengan bentuk kenalpot

  109. Langgeng aji says:

    Bang mau tanya nih, ane punya super 78
    1) lubang port tabung super 78 aslinya brapa lubang, punya saya 3 lubang, effek 2 sama 3 lubang apa ya?
    2) seher saya udah di ubah jadi M 10 gy mna tuh pengaruh di motor
    3) gear box standar super 78 (gear kopling,borobudur,dan gear engkol)

    Motor ane klo di gas kaya nahan gitu bang gak enteng, sampe gegerrr bodi klo di gas, apa effek gear?

  110. Bang mau tanya nih, ane punya super 78
    1) lubang port tabung super 78 aslinya brapa lubang, punya saya 3 lubang, effek 2 sama 3 lubang apa ya?
    2) seher saya udah di ubah jadi M 10 gy mna tuh pengaruh di motor
    3) gear box standar super 78 (gear kopling,borobudur,dan gear engkol)

    Motor ane klo di gas kaya nahan gitu bang gak enteng, sampe gegerrr bodi klo di gas, apa effek gear?

  111. Bang mau tanya nih, ane punya super 78
    1) lubang port tabung super 78 aslinya brapa lubang, punya saya 3 lubang, effek 2 sama 3 lubang apa ya?
    2) seher saya udah di ubah jadi M 10 gy mna tuuh pengaruh di motor
    3) gear box standar super 78 (gear kopling,borobudur,dan gear engkol)

    Motor ane klo di gas kaya nahan gitu bang gak enteng, sampe gegerrr bodi klo di gas, apa effek gear?

    • ridobrown says:

      Setau saya.. super tahun 78, kruk as dah gede.. :
      1. lubang port dah 3.. ini jenis sprint apa super??
      2. seher 10 m kebesaran.. bensin jadi boros.. mending ganti blok aja..yang baru.. jadi 0 m lagi
      3. Ga pa apa..

      motor kalo di gas nahan.. coba cek kenalpotnya.. standar apa racing, kalo standar dah di bobok apa belum??, kalo body getar kalo di gas.. bisa juga kruk as tidak balance..

  112. bisa nggak ganti kampas kopling vespa strada dengan px super?

    • ridobrown says:

      buka dulu kopling stradanya… lihat ukurannya.. besarnya.. sama tidak dengan PX atau Super.. kalo sama.. ya bisa ganti..

      • Firman says:

        Malam bang rido, mau tanya, saya pake excel 1996, seher udh 10m. Head sdh papasan, Pake knalpot racing keluar kiri. Tarikan bawah emang enak, tapi nafas kurang panjang, pengen ganti gir kopling strada 23 plug n play gak ya? Trus kalo beli gigi koplingnya aja ada. Menurut mas rido biar tarikan panjang apa yg harus di modif? Rencana pengen pake karbu king/pe28 plus intake membran, bikin panjang napas atau engga? Makasih banget mas.

      • ridobrown says:

        Gir 23 sudah tinggal plug n play aja.. sebaiknya stel karburator dulu.. pake ukuran berapa? Pilot jet main jetnya?? Coba ganti spuyernya … untuk atas 170 tengah B5 bawah disesuaikan..spuyer angin 43.

  113. eryc says:

    mau tnya bang
    kalo mesin bajaj super dikasih gear set excel apa aja yg harus diganti?
    kruk as apa juga harus diganti?
    apa tinggal pasang aja?

  114. Bagus says:

    Om saya mau tanya saya punya px kopling nya masih per 6 gatau gigi berapa soalnya masih bawaannya, kalao mau diganti kopling nya aja pakai excel langsung masuk ga? Atau pas mau ganti kopling excel tutup kopling nya juga harus ganti om? Tolong pencerahannya

  115. eryc says:

    mau tanya bang vespa saya bajaj super 77
    boring punya excel
    kalo mau pasang rasio set excel bisa gak
    trs kendalanya apa bang
    tolong pencerahanya
    makasih

  116. SaMe says:

    Bang numpang nanya. Pemain baru nich.
    Klo excel ma exclusive gigi kopling 21 ma spring gear nya 68 yah. Trus klo spartan 23/65 yah.

  117. moreno says:

    bang ridobrown…..saya punya super 77 udah drombak abis mesin’y,,magnet pkai pnya mio,,karbu pakai ninja 28 tpi msih pkai intek sito….rencana mau dcor intek’y pakai lidah2 rxz….
    yg mau dtanya askruk’y ad yg mesti dubah g’???
    trz kopling mau pkai yg gede pnya excel,,saran bang rido bagus’y pkai 1set pnya excel razio’y ap 1set kopling aja…..
    trimakasih salam kutupalembang

  118. bang ridobrown…..saya punya super 77 udah drombak abis mesin’y,,magnet pkai pnya mio,,karbu pakai ninja 28 tpi msih pkai intek sito….rencana mau dcor intek’y pakai lidah2 rxz….
    yg mau dtanya askruk’y ad yg mesti dubah g’???
    trz kopling mau pkai yg gede pnya excel,,saran bang rido bagus’y pkai 1set pnya excel razio’y ap 1set kopling aja…..

    trimakasih salam kutupalembang

  119. budi says:

    punten kang ridho motor says PS 84 kopling ganti punya excel tapi giginya masih bawaan yang 22 nah kalo di tanjakan tenaga aga kurang speknya boring punya PX karbu punya PX pengapian platina di antos jawabana

  120. budi says:

    kang vespa saya ps 84 kopling udah ganti yang gede tapi gear Kopling msih bawaan 22 speknya boring dan karbu punya px knalpot dgm bobokan tapi di tanjakan agak kurang

  121. bang kalau mau cor intek pkai palek rxz askrup ad yg dubah g’???

  122. budi says:

    pilot jet main jet pake punya excel boring ssudah 9m

    • ridobrown says:

      iya..berarti.. setel ulang karburatornya.. coba setel putaran angin yang di belakang karbu.. bikin 2,5 puteran atau 3 puteran. kalo masih kurang..berarti ganti spuyernya yang lebih besar dikit..

  123. Cecep says:

    Kang mau tanya, kalau Sprint pake magnet + spull Excel pengaruh nya hanya di pengapian nya saja.? Apa bisa tambah tenaga juga.?

    • ridobrown says:

      pengapian jadi stabil..otomatis berpengaruh terhadap pembakaran bensin di blok seher oleh busi. tapi kalo pake platina, stelannya pas dan tidak geser.. itu juga sama aja..

    • Cecep says:

      Oh ia Oom kalau kruk as nya di ganti sama bawaan Excel apa ada pengaruh.? Dan kalau saya ganti sama Gear excel nya sekalian apa tinggal pasang saja.? Oh ia Vespa saya udah pake intake Rxking

  124. CS says:

    Oom mau tanya, Vespa Sprint74 krukas kecil, Karbu sudah pake Rxking. Rencana mau ganti pengapian sama Excel. Bagus nya ganti sama Krukas excel nya juga apa pake yang kecil bawaan.? Trus kalau gear Excel di pake di sprint aaya tinggal Plug and play aja, apa ada yabg di ganti.? Terimakasih jawaban nya

  125. CS says:

    Oom mau tanya, Vespa Sprint74 krukas kecil, Karbu sudah pake Rxking. Rencana mau ganti pengapian sama Excel. Bagus nya ganti sama Krukas excel nya juga apa pake yang kecil bawaan.? Trus kalau gear Excel di pake di sprint apa tinggal Plug and play aja, apa ada yang di ganti.? Terimakasih jawaban nya

  126. Aa says:

    Oom mau tanya, motor saya Sprint Krukas kecil. Rencananya mau ganti pengapian sama Excel. Kira kjra bagus nya ganti sama Krukas as ke yang besar apa tetep di yang kecil.? Trus kalau gear set nya di ganti juga sama excel, apa tinggal pasang aja.? Oh ia karbu sudah pake Rxking, intake tumpuk.

  127. Andi says:

    Oom Vespa Sprint rencana mau ganti pengalian Excel kalau kruk as nya di ganti sekalian sama bawaan Excel apa ada pengaruh.? Dan kalau saya ganti sama Gear excel nya sekalian juga apa tinggal pasang saja.? Oh ia Vespa saya udah pake intake Rxking

  128. arsa says:

    Om, mau tanya, saya punya excel 150 taun 96. Dulu beli bekas, dipake normal, biasa.
    Tapi klo dibandingin sama excel/exclusive lain kok kaya punya saya kalah ya larinya?
    Setelah agak lama(6 tahun an) dipake, muncul bunyi tak tak tak lumayan keras.
    Akhirnya saya bawa ke bengkel, ternyata pengunci kopling set(yg kaya ring patah itu) lepas, dan kopling set nya cuma per 6(ada 6 bulatan dirumah koplingnya)
    Yg saya mau tanyakan, apakah kopling per 6 itu mempengaruhi kecepatan excel saya ya om? Klo sy cek info , kopling excel yg per 7 ya om?
    Dan klo dipake trus menerus excel saya pake kopling set yg per 6 itu, ada efek samping/cenderung merusak mesin ngga? Atau aman2 aja?
    Ditunggu jawabnnya om. Trims

    • ridobrown says:

      iya… itu berpengaruh terhadap kruk as.. jadi.. kopling kamu itu kepunyaan vespa super.. sepertinya vespa kamu dalemannya super semua.. coba di lihat gear-gearnya.. apa bawaaan exel atau bukan?? blok seher, seher, karburator, coba di cek semua… kopling bawaan Excel itu besar. ada 7 lobang per

  129. arsa says:

    Klo diitung yg gear ijo besar yg no.2 Itu sih 68 jmlh mata giginya om, cma yg no.1 ijo Itu 21.
    Piston udah gnti ukuran 7M, ga tau bedanya klo sama super apa ya om? Tpi klo diliat bentuknya sih sama kyk piston excel, cuma ukuran lingkarnya lebih gede dikit.
    Trus karbunya dulu kan wktu beli awal, karbu nya 20-20 cuk lurus, ada masalahnya, jdi klo cuk nutup, mesin mati.
    Nah stlh cri info, trnyata excel hrusnya cuk miring, trs saya gnti, akhirnya masalah cuk nya ilang, jdi klo cuk nutup, ga masalah lagi ke mesinnya.
    Klo lain2, saya ga bgitu paham om.
    Cuma klo kipas magnet nya dah model yg rapet/ga ada lubangnya, tulisannya USA PATENT apa gitu.
    pengapian spul dalem kipas juga pakenya udah excel, yg kabel 5. Dah cdi juga, TIIC, trus koilnya dudukannya juga maunya yg buat koil excel, soalnya klo dipasangin koil px atau yg lain, ga pas dilubang yg bagian belakang rumah kipas.
    Dan ada juga dinamo staternya, cuma ga dipake krna blm pasang aki dan klgkpn lainnya.
    Apa itu gntian mesin super y om?

  130. J.co says:

    Gan klo sprint biar lari nya lbh ngacir lg apa az yg mesti d rubah d mesinnya ??

  131. Cecep says:

    Bang kalau ada suara brisik seperti gesekan plat itu kenapa yah, udah ganti laher krukas tapi masih ada aja bunyi nya. Tapi kalau kopling di tengkep, suara nya hilang. Mihon pencerahan nya, terimakasih…

  132. Arik focus says:

    Mau tanya mas. Saya punya super 78 gear setnya aku ganti pkek punya strada, klo aku pasang gigi yg 23 kok g bisa ya. Gigi 23nya aku beli terpisah. Apa gigi 23 ada 2 macam ya mas?

  133. pitoy says:

    Om mau tanya,23-67 masuk g kira2?

  134. mmirzal says:

    Salam kenal mas bro saya mau tanya
    Sy baru bingkar mesin excel saya semua bearingnya sy ganti baru untuk bearing sebelah magnet sy bubut memakai bearing 6005 dan untuk bearing persneling sy ganti juga
    Setelah sy pasang semua suara mesin saya ada seperti tek…tek…tek kl saya pasang kabel koplingnya dan mesin sangat getar … kl sy lepas kabel koplingnya mesin lumayan bagus dan halus. Kira2 kenapa tuh ya mas .
    Salam mesin kanan

  135. pitoy says:

    Gigi 23 ke 68 masuk g kira2 gan?

  136. pitoy says:

    Mau tanya gan,Gigi 23 ke 68 masuk g kira2 gan?

  137. Cecep says:

    Mas Vespa Sprint74 saya ada suara Ker.. Ker.. An. Apa pengaruh dari pakai kopling excel yang di pakai ke Sprint saya yah.???

  138. mmirzal says:

    pagi om bro
    mau nanya lagi , kasus yg kmrn masih di cari penyebabnya nih. ini saya ada coba ganti gear kopling excel 21 ternyata ada suara dengung kalau jalan , kl saya ganti dengan gear 23 bisa gak ya om bro sementara gear besarnya pake yg 68 bisa gak ya om
    mohon pencerahannya

  139. helmi says:

    pagi om…saya punya px exclusive 92, rencana mau ganti kabel bodi karena habis cat (sendiri) nah saya cari2 yang jual kabel bodi sesuai spec px 92 kok susah ya om? apa bisa pake kabel bodi buat excel atau strada? mohon pencerahannya tks

  140. mmirzal says:

    om numpang nanya lagi nih dah buntuh nih
    masalah vespa sy gak kelar2
    mesin sdh sy bongkar bearing kruk as dll semua sy ganti dan termasuk seal2nya. di kruk as sdh gak jalan ke kanan atu ke kiri lg
    tp setelah sy pasang tutup koplingnya dan sy pasang tali koplingnya jaraknya jauh banget tuk dapeti koplingnya hingga mendekati dudukan kabel koplingnya
    kalau rumah koplingnya sdh sy ganti . tapak dudukan koplingnya sdh sy benari . per kopling baru . gear kopling dan gear primernya sy ganti dengan 23-66 kanvas kopling baru pakai rec***i .. kenapa tuh ya om kl di tekan koplingnya gak puas om ky ada yg kurang trs rada nyelip kl di kendurkan dikit aja tali koplingnya jd gak ada koplingnya

  141. Eko says:

    Jiooooos artikelnya. Ijin bukmark gan.
    Soal ronsel/rongsel/ gigi primer dan sekunder, kemaren temen pernah bongkar vespa dan ternyata, gigi ronselnya udah gigi lurus. (???)
    Ketika dijajal, nafasnya bisa lebih puaaaanjan. Siapa tau agan2 pernah nemuin kasus serupa.
    Pertanyaannya : itu kalo gigi ronselnya lurus2 pake gigi apaan ? 😦

  142. arif zaidan says:

    Assalamualaikum bang rido.
    Numpang nanya nih.
    Vespa sya vbb2, gear kopling 21 pke rmh kopling yg 7. Alhasil bunyinya kasar/berisik, tp klo kopling di pencek berisik y agak berkurang.
    Klo pke kopling vbb asli pnya tmn bunyinya adem, coz kopling pnya sya udh di rubah sma pemilik sebelum y.
    Mohon pencerahan y bang. Thanks !!!

  143. Iqra says:

    Assalamu Alaikum om brown…
    Mau tanya nih,,, saya punya px 81.. bisa g’ pake gigi 23/66 tanpa harus ganti rumah kampas dan rasio?
    Makasih sebelumnya om brown

  144. Iqra says:

    Maaf lupa… sempat aku g’ sempat buka blog om brown balas di WA aja yah om.. maaf merepotkan om tapi saya sangat butuh solusinya…

    WA 082189683991

    Makasih…

  145. andi ikra says:

    Malam..

    Punya kontak yang bisa di hubgi g’ om?

    WA 082189683991

    Makasih

  146. Ifhunkz jhuankz says:

    Bang rido…untuk keterangan no 3 berapa jumlah dari setiap jenis vespa

  147. sonson says:

    mas mau nanya nih, motor saya kan px pake gearbox pake strada. di trek lurus sih emang enak nafasnya panjang, tapi kok di trek tanjakan kok loyo yaa? punya solusinya ngga mas?

    • ridobrown says:

      Kopling pake yg kecil ap gede? Sebaiknya gede, seher pake bawaan? Apa king? Sebaiknya bawaan vespa .. Karbu stelannya gimana ?

      • sonson says:

        Pake kopling kecil mas, seher pake vespa yg 5m mas.
        Perbedaan kopling kecil sama gede apa yaa mas?
        Karbu setelannya boros mas.
        Terimakasih mas udh jawab.

  148. Anggi nugroho says:

    Bang kal0 ps banci bisa pake rumah k0pling 3excel gk s0alnya diameternya gedean excel bang gakbisa muter rumah k0pling nya

  149. padli says:

    Bang kalo mesinnya super,tapi gigi susunya pake axcel,tp ko malah kurang y tenaganya,atau masih kurang pasangan2nya?

    • ridobrown says:

      sebenarnya.. kalo mesin super.. apalagi masih platina, kruk as kecil.. cape… yang ada nanti kruk as bisa patah.. saran saya, ga usah ganti gigi susun.. ganti gear kopling aja..dari 21 atau 22, jadi 23..sama ganti kenalpot aja.. serta setel karbu..

      • putra says:

        Slam kenal dari ngawi
        Saya punya bajaj super pakek r14 rasio nya mau saya ganti excel klo gear koplingnya masih bawaan bajaj super bisa nggak biar lebih enak WA aj 085850606896

      • ridobrown says:

        Kopling harus ganti ..buat imbangin putaran gir .. Kalo ga tenaga gitu2 aja

      • putra says:

        Klo ini di kasih punya bajaj super gimana maaf gx tau ukuranya masih pemula
        Gear borobudurnya excel 68
        1 12-57
        2 13-42
        3 17-38
        4 21-35
        Larinya bisa gimana ya .minta saran lainya juga

      • ridobrown says:

        Utk bajaj itu sama dengan super .. Bedanya utk bajaj di gear rada beda.. Lebih utk beban . ..

      • Bayu Prakoso says:

        Punten kang rido mau tanya, saya punya vespa sprint tahun 78 kalo gigi borobudurnya pke vespa excel atau px bisa ga ya?

      • ridobrown says:

        Bisa.. Tinggal ganti aja.. Saran saya mending beli mesin excel aja.. Karena platina selalu rubah setelan nya .. Apalagi buat balap

      • Bayu Prakoso says:

        Apakah harusnya ganti satu set gigi borobudurnya, gigi rasionya, sama rumah kuplingnya kalo mau ganti gigi px atau excel?
        vespa saya sprint tahun 78 kruk as besar

      • ridobrown says:

        Ga usah.. Cukup kopling aja

  150. Aditya says:

    Om mau tannya saya masih pemula nih
    Kebetulan mtr saya msin excel napas gigi 1 sama 2 pendek klo 3 sama 4 panjang biar napas gigi 1 sama 2 pake rasio msin apa om terus rasio yg untuk gigi 1 sama 2 itu yg gede apa yg kecil biar saya ga dibohongin orang
    Makasih om

  151. bayu pratama says:

    misi om berarti kalok gearset vespa exclusive 2 itu sama kayak excel 150 ya ?
    nah kalo buat napas lebib panjang atau touring berarti lebih bagus pkekpunya strada ya om ?

  152. Om ridho tolong donk msukan saya lg kegrub whatshaap, nomer yg kemaren hilang

  153. taswan says:

    Bang mau nanya ne saya pernah belah mesin vespa px teryata gigi silangy patah terus saya ganti pake gigi silang baru. Knp ko vespany jd susah masuk gigi jikalau sudah masuk gigi , gigi netraly susah. Mohon bantuany soaly baru knal vespa

  154. taswan says:

    Bang ridobrown bantuin step2 y

  155. Antum says:

    Kang pilih antara mesin strada atau excel biar laju? Mesin sama2 prima.

  156. antum says:

    Bang antara mesin strada dan excel laju mana? rencana mau buat vespa sprint saya.

    • ridobrown says:

      Yg penting pengapian dah CDI.. Tinggal setel karburator aja..cari pas nya

      • antum says:

        Mesin stradanya sdh CDI bang, cuman ada bunyi di kipas magnet. Kalo di magnet di ganti py excel bisa nda yah. Sama kalo hidupin awal susah bang, hrs beberapa kali engkol dan harus di gas. setelan karbu yang bagus brp bang?

      • ridobrown says:

        itu kalo susah hidup..berati di Karbu-nya.. coba dilihat pelampungnya..jarum pelampung, apa banjir atau kurang bensin.. stelan karbu, gimana ukuran kenalpot dan blok seher..

      • putra says:

        Om ridobrown kok bajaj saya malah larinya pelan banget setelah saya ganti rasio excel kan kopling nya standat bajaj 22 excel 68 kok malah down banget larinya malah enk an bajaj super solusinya gimana

      • ridobrown says:

        berarrti ga cocok..

      • putra says:

        Gear borobudur yng ukuranya 67
        1=12 /13
        2=17
        3=22
        4=27
        Punya ap yha
        Yng lubangnya cocok apa punya excel
        1=57
        2=42
        3=38
        4=35

      • ridobrown says:

        wah.. mendingan bawaan aslinya aja.. kecuali untuk gear koplingnya…

  157. Panjul says:

    Om mau nanya nih
    Cara ngilangin suara kopling/primer sekunder yang dengung (bunyi wuk wuk wuk) gmn ya…uda coba ganti kampas set ttp aja…malah ada yg makin kenceng dengungnya
    Thx….

  158. Panjul says:

    Gmn cara ganti gigi skunder yg nempel di gigi borobudur om??
    Ganti baru primer sama sekunder nya mksd nya biar gak dengung

  159. Bang, kalau Kopling Vespa kering Olinya gak naek ke Kopling kenapa ya.? Olinya hanya sampai gear kopling nya aja tapi ke rumah kopling atau ke kampasnya gak ada olinya, takaran Oli udah saya lebihin. #VespaSprint

    • ridobrown says:

      coba dilihat lobang sirluasi olinya… ketutup apa tidak..??yang dari mesin ke kopling.. terus, lobang udara kopling fungsi ga..?? lobang udara yang di tutup kopling.. tau kan.?

      • Kalau lubang udara dari yang di tutup kopling mah bagis, tapi kalau lobang sirluasi saya kurang tahu. Posisinya di sebelah mana Kang kalau lubang Sirkulasi.? Apa harus belah mesin untuk liat lubang sirkulasi nya.?

  160. hendry says:

    Assalamualaikum om rido?
    Boleh nanya ga om masalah vespa?

  161. Elthon says:

    Om bos salam busi gosong….

    Om saya punya super klo di pake kencang suka nyekit om sama kalo lepas kopling ada bunyi kkrrroookkkk apa masalahnya om…apa lagi pas kencang om ngeri jadinya harus buru2 ramas kopling…

    Salam dari bali ….

    • ridobrown says:

      ada 2 kemungkinan.. 1. oli campur kurang, 2 seher kurang bagus kualitasnya.. kopling kalo bunyi..berarti kendor.. tinggal kencengin aja baut yang di dalam

      • bintang says:

        Om ridobrown motor ane vespa ps 82,kok gasnya kalo lagi jalan pelan suka ilang-ilangan om,tapi kalo kenceng enak aja,itu kenapa ya om? Karbu ane 20:20 blok 0m

      • ridobrown says:

        suplay bensin.. coba cek spuyer nya..kekecilan apa kotor??

      • Adin says:

        Om tlng review in spek buat super bandul kecil biar larinya lumayan dong.
        Full speed vespa saya cuma 60 doang pdahl suara mesinnya udah teriak2. 😥
        Makasih sebelumnya

      • ridobrown says:

        cape.. kalo maen super mah.. kecepatan maksimal paling 90.. itu juga seting karbu dulu dan ganti kenalpot racing, serta pengapian ganti pake magnet bajaj

      • Aka says:

        Saya mau tanya mas,
        Pada tulisan di atas, utk rasio Strada 23-66. Yg punya karakter utk hi-top speed, saya tertarik dan saya cari, akhirnya ketemu. Tapi ketika mesin Strada dibonkar, kok jumlah gigi primer nya 23-68 (kopling besar per 7), apakah gigi Strada ada berbagai macam? (Strada 1, Strada 2, PS dan Sera). Atau juga ada ulir gigi halus dan ulir gigi kasar?.
        X {(23/66=0.3484) 1: 0.3484}
        Y {(23/68=0.3382) 1: 0.3382}
        Top speed x lebih tinggi dari y
        Apakah bisa di analogikan demikian? Atau sebenarnya 23/66 dan 23/68 adalah sama diameter nya, hanya beda mata gigi halus dan kasar. karena setau saya hasil dari penambahan gigi primer Vespa large frame 150cc adalah 89 (21/68=89) (22/67=89) ( 23/66=89). Mengingat konstruksi Gear box primer Vespa adalah gesekan langsung (tanpa rantai) adalah mustahil kombinasi antara 23/68= 91 lebih 2 mata gigi. Kecuali memang berbeda karakter gigi, seperti yg saya bahas tadi (halus kasar)
        Mohon di tanggapi mas,

      • ridobrown says:

        umumnya gitu.. kebetulan yang saya 23/68.. dan kasar..jadi kalo langsam..kedengaran tuh..tapi lama2 setelah tahunan rada hilang..itu aja..nyari kombinasi gear itu lama.. beruntung yang dah beli vespa saya.. tinggal gas doang..

  162. Anonim says:

    Om ridho punten hehe, apakah prbedaan vspa hnya d gear kopling dan gear brobudur aja, sdngkan gear ratio/persneleng smua vespa sama?
    Trus untk super, bajaj, ama spartan gear kopling ama brobudurnya brpa?
    D postingan cma spotong2 soalnya hehe
    Mksih sblumnya om.

  163. akbar says:

    tanya boss gear bok merk fugini itu gear box apa ya?

  164. Adnan says:

    Om kalo vespa ps yang di ganti cuma gear borobudur nya aja bisa gk ya?

  165. opan says:

    Misi om ridobrown saya punya super tahun 79 as gede sudah cdi mau di ganti gear set nya lebih baik pake punya strada atau excel ? Sama mau pasang karbu pe antara 24/28 kira kira pake yang mana om ? Motor cuma di pake weekend doang

  166. bintang says:

    Om ridobrown motor ane vespa ps 82,kok gasnya kalo lagi jalan pelan suka ilang-ilangan om,tapi kalo kenceng enak aja,itu kenapa ya om? Karbu ane 20:20 blok 0m

  167. Dade Darwanto says:

    Edaaannn.. Postingan 2012, udh 5th msh tetep aktif diskusinya, salut bang.. Ikutan nanya bang, tunggangan saya eklusip 94, gear 21/68, liat diatas abang pake 23/68, dgn catatan nyari yg pas, terus ada jg di bahas 21/66, sebenarnya, enak pake 23/68 atau 21/66 bang?? Kelebihan kekurangan dua spek tsb apa saja?? Mohon pencerahan, trmksh

    • ridobrown says:

      terima kasih atas perhatiannya…pemakaian gear itu terngantung kebutuhan.. kalo trek panjang, enakan 23/68, napas panjang semua, dan itu tergantun dari setelan karburatornya.. pake pilot jet, dan main jet berapa? serta kopling besar, 7 lobang, dan kenalpot racing yang dimodifikasi. kalo untuk track standar, misal 400m..21/68 cukup..tarikan awal cepet naiknya biasanya pas gigi 4 drop… nah itu kembali lagi dari setelan karbu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s