Derajat orang yang ber-ilmu

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Surat Al Mujaadilah ayat 11.

apakah kita memperhatikan di sekitar kita, teman ,tetangga, atau pun orang -orang yang berilmu, baik yang memiliki gelar akademis maupun tidak, tapi berhasil dalam hidupnya? baik berhasil secara materi maupun non materi… apa yang tertulis di Al Quran itu benar adanya..maha benar Allah dengan segala firmannya

dalam kehidupan sehari-hari, ternyata semua itu ada ilmunya.. dan masing-masing saling membutuhkan satu sama lainnya sesuai dengan kemampuan ilmu-nya.. kalau bahasa akademisnya : spesialisasi.

contoh sederhana dan paling simpel adalah:

bagi anda, saya,  yang bisa membaca tulisan ini di internet, maka Kita harus bersyukur kepada Allah, artinya kita dikasih kemampuan baik dari biaya untuk ke warnet, atau gratis menggunakan fasilitas kantor. artinya derajat kita lebih tinggi dari orang-orang yang tidak mempunyai kesempatan, ilmu untuk mengoperasikan internet baik dengan bayar maupun gratis.

pernahkah anda berfikir, ” kok saya hidup begini aja.. tidak ada perubahan yang berarti” cuma bisa kebeli ini… tidak seperti orang lain… atau tidak seperti sodara /teman/tetangga saya yang sudah bisa membeli ini.. membeli itu…” padahal pendidikan sama tinggi-nya.. atau padahal dia itu lebih rendah pendidikannya dari saya..

nah, pikiran-pikiran seperti itu, saya juga mengalaminya.. hal ini disebabkan oleh faktor -faktor:

  • keadaan,
  • gaya hidup,
  • tuntutan hidup yang harus lebih diutamakan.
  • posisi pekerjaan yang sedikit kegiatan yang menghasilkan tambahan/usaha yang kurang strategis baik tempat maupun yang dijualnya, entah itu produk ataupun jasa.

akan tetapi dibalik semua itu, percaya lah, semua itu ada waktunya… kalau sudah tiba waktunya maka apa-apa yang tadinya kita  tidak mampu untuk beli/lakukan, maka kalau sudah waktunya maka itu akan terjadi. pertanyaannya adalah kapan waktu itu akan terjadi? sebagai orang yang beragama jawabannya hanya satu yaitu jangan meninggalkan sholat, harus ber sabar, dan juga tetap ber ihtiar, serta rajin menabung. walaupun besar kecilnya adalah relatif. insya allah cita-cita akan terkabul..

 


/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;} 

ter11. Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

058. Al Mujaadilah ayat 11.

$pkš‰r¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? †Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râ“à±S$# (#râ“à±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_u‘yŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ

Advertisements

About ridobrown

sama seperti dengan anda, masih butuh uang untuk kehidupan....
This entry was posted in Ilmu Goib. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s