membuat knalpot Racing vespa keluar kiri

knalpot racing vespa, harganya berkisar antara 170.000, – hingga yang murah rp. 80.000,-, akan tetapi kualitas dan performancenya tidak sesuai dengan harapan, hal ini disebabkan karena bahan dari knalpotnya serta ukuran knalpotnya kurang tepat, padahal secara teori, membuat knalpot 2 tak ada rumusnya, dan juga kemampuan si teknisi bengkel dalam menyesuaikan setelan karburator dengan bentuk knalpot yang baru. seperti gambar di bawah ini:

teori kenalpot 2 tak

oleh karena itu, saya mencoba untuk membuat kenalpot  racing 2 tak untuk vespa keluaran kiri, karena berdasarkan pengalaman pribadi saya, kalau keluar kanan, maka kendalanya adalah :

  1. pada saat mau ganti oli jadi susah untuk membuka baut oli
  2. kenalpot sering patah di bagian ujungnya (silencer)
  3. perut kenalpot suka sobek, akibat getaran mesin, dan penyok apabila terkena polisi tidur.

kenalpot yang saya buat ini masih menggunakan kenalpot bawaannya hingga lehernya hanya di rubah di bagian perutnya saja hingga ke silencer. saya menggunakan perut kenalpot dan silencer dari Suzuki Satria 2 tak, biaya yang diperlukan untuk membuat :

  1. beli kenalpot bekas suzuki satria 2 tak Rp. 30.000,-
  2. biaya modifikasi/las Rp. 50.000,-

seperti gambar dibawah ini: perlu diketahui, untuk mengikat knalpot keluar kiri ini, jangan menggunakan baut yang ditempel ke sasis tengah mesin, lebih baik menggunakan per saja untuk ikatannya, agar elastis.

knalpot Racing Vespa keluar kirikenalpot racing vespa keluar kiri

kenalpot racing vespa keluar kiri

kenalpot racing vespa keluar kiri
knalpot racing vespa keluar kiri

knalpot racing vespa keluar kiri

About ridobrown

sama seperti dengan anda, masih butuh uang untuk kehidupan....
This entry was posted in per-VESPA-an. Bookmark the permalink.

104 Responses to membuat knalpot Racing vespa keluar kiri

  1. miroen says:

    tenaganya gimana mas???

    • ridobrown says:

      untuk tenaga, sudah tentu ada perubahan.. menjadi lebih long untuk tarikan, biasanya kalo tarik gas dari gigi 1 ke 2 itu butuh waktu sebentar, dengan diganti knalpotnya maka bisa lebih panjang tarikannya… dan itu tergantung kepada setelan karburator juga…

    • herru juniar says:

      Assalamualaikum wr.wb
      Om Saya herru dari cimahi ,pengen nanya om.
      Kalo bikin knalpot kiri dari knalpot kolong rx king P3,bisa ga om?
      Tolong masukanya ya om
      Makasih salam scooteris
      Assalamualaikum wr.wb

      • ridobrown says:

        wa alaikum salam wr wb…
        bisa.. tinggal bawa aja ke tukang las… tapi untuk lehernya menggunakan knalpot vespa.. biar gampang untuk masuk ke manifold nya…

  2. bro kita ngobrol2 donk urang ge barudak bogor ……hehehehe

  3. fahmi says:

    kalau pake knalpot ninja gimna bang bro ?

  4. radenrizky ilham margono says:

    yg paling bagus merknya apa brow????????????

  5. amifahmi says:

    klo dibikin manis,dikrom misalnya ngaruh gak om.kayanya saya perlu coba nih !

    • ridobrown says:

      ngaruh bos… untuk penampilan jadi lebih mewah… kalo untuk fungsi sama saja… yang pasti… teman saya pernah beli kenalpot model seperti yang saya buat ini dengan kualitas bahan yang sama, seharga Rp. 350 ribu.

  6. ilham boomers scooter says:

    kallo seandainya biki knalpot, tapi lubang pembuangan sama seher dah overses besar suara yang dihasilkan apakah lebih cempreng atau cuma membesar suarnya, mohon balesannya

    • ridobrown says:

      secara teori, kalo ukuran sehernya sudah berubah, otomatis terjadi pembesaran blok silinder sekian mm… otomatis, keluaran asap yang di hasilkan akan lebih besar sedikit, dan tentu itu berpengaruh terhadap buangan di knalpot untuk volume-nya… efekny adalah suara bisa lebih cempreng atau lebih besar, tergantung silencer yang digunakan…

  7. jony says:

    klo buat buka ban belakang susah ga kang??

  8. jony says:

    oh gtu yah hehehe…oya itu per nya dari per apa kang biar kuat gtu.

  9. fajar says:

    om kalo pake slincer sito gitu bisa ngga ya?
    minta rumusan diameter perut nya om makasih 😀

    • ridobrown says:

      pake silencer SITO bisa… tapi saya tidak menyarankan.. karena diameternya luarnya terlalu kecil, sehingga asap sedikit lambat keluarnya, apapun silencernya, maka perlu di setel ulang setingan karbunya.

  10. arief wahyu says:

    tmpt pmbuatan.a dmn ya mas

  11. SUMARTONO says:

    kalo minta d bikinin bisa gk kang + ongkir jd brp,no hp nya kang..

  12. andry says:

    mantabz bang idenya…

  13. andry scooeterist says:

    mantabz bang idenya..

  14. joko aditya says:

    ukuran volume gendong kenalpot itu berapa ya mas ?

  15. ganes says:

    bogor nya dimana om? saya di puncak. saya udh sering nyoba2 knalpot, tp kurang memuaskan, ada sih 1 merk yg lg saya sukai karna emang cocok sama setingan mesin saya, karna mesin udah over dosis jd susah cri knalpot yg pas.

  16. Bam's Bagio says:

    om bisa tolong buatin teori,skema,diagram & gambar knalpot racing buat vespa super
    sebelum & sesudahnya trima kasih ya om

  17. agies alpiniste says:

    kalo ane bikin sendiri dari bekas lambung ninja…
    masalah di sambungan blok silinder sering lepas walau udah d baud kenceng…
    ga kuat sama goyangan mesin…
    minta saran donk bang…
    E-mail y k gyuzza@yahoo.com

  18. kalo knalpot jipenk gimana bos.harganya 350.000 rb.ane pake vespa super.kalo bilkin sama boss.biaya nya brp sekalian bisa krum gk

  19. babad150f says:

    ijin ambil gambar nya bro..untuk bikin artikel di blog saya,untuk menerangkan gambar bagian2 kenalpot 2 tak..
    Sesudahnya saya sampaikan terimakasih
    Salam biker

  20. ilham says:

    om masih di bengkel situ ? saya nyari nyari knalpot yang racing mahal mahal harganya, sekarang kalo di om bikin berapa ?

    • ridobrown says:

      masih… kalo knalpot racing bikinan saya.. paling habisnya sekitar 80 ribuan… tapi kalo beli jadi di toko yang sama persis dengan spek yang saya buat, harganya sekitar Rp.350 ribuan..

  21. stevanus says:

    om vespa ane px, blok+seher udah 12M ukuran buat knalpotnya sama aza atau berubah?? trus biar lega napas diameter perut yg cocok berapa cm? ane silincer pake punya rx-k kolong. mohon pencerahannya ya. makasih om

    • ridobrown says:

      kompresinya masih padat tidak yang 12 M? untuk knalpot, diamater perut sama saja dengan bawaan dari Suzukinya.. silincer sebaiknya diganti saja menggunakan satria, kalo untuk napas supaya lega/panjang, maka setelan karbu musti set ulang….

      • stevanus says:

        selain silincer satria silincer apa lagi yg cocok? klo punya F1ZR bagus gk om? makasih om

      • ridobrown says:

        itu juga bisa.. nanti tinggal di modif aja dalemnya..graswoolnya di tambahin lebih banyak…

      • stevanus says:

        mau tanya lagi om tapi menyimpang dari topik gpp ya om.
        gini om,
        1. saya punya gigi susun excel trus mau saya gabung dengan gigi borobudur strada menurut om bisa ngga?
        2. klo perbandingan gigi primer px (P150X tahun 1982 plati) itu yg benernya berapa? klo dengan Exclusive 1 perbandingannya beda atau sama? soalnya ampe sekarang saya masih belum paham dengan perbandingan gigi primer antara PX awal (1978 s/d 1980) PX (1981s/d 1983) dan PX 1984 (CDI pertama)

        mohon pencerahannya om, maaf nanyanya kebanyakan soalnya saya lagi belajar tentang karakter mesin Vespa. Trima kasih.

        SALAM SCOOTERIST…!!!

      • ridobrown says:

        gini bos..
        1. untuk gigi susun excel trus digabung sama borobudur strada, coba nt liat dulu alurnya apakah sama atau tidak, kalo sama maka bisa.. secara teori semua bisa, tapi prakteknya di coba dulu
        2. untuk PX platina dan CDI sama saja.. 22/67
        gearbox vespa

      • stevanus says:

        1. saya pernah baca di salah satu forum vespa disitu disebutkan klo untuk Gigi susun (gambar no.3) antara Exclusive 2, Excell,Strada dan spartan katanya sama dan yg membedakan adalah gigi primernya (gambar no.1) jika Exclusive 2 & excel hanya bisa dipasang gigi kopling 21, Jika Strada Gigi paling besar di gigi borobudur sifatnya netral bisa dipasangi gigi kopling 21, 22, 23. sedangkan spartan dan excell 200 hanya bisa gigi 23.
        klo menurut om yg berpengalaman tentang vespa, gigi susun itu sama dari apanya? jumlah mata gigi atau sama dalam bentuk lekukan antar mata gigi?

        2. Kata om untuk PX platina atau CDI perbandingan gigi primer nya sama 22/67, tapi di PX saya gigi matahari kopling berjumlah 21 apa mungkin gear set nya udah dirubah? karena setau saya gigi kopling 21 pasangannya dengan gigi 68 dan itu merupakan rasio dari excell dan exlusive 2, sedangkan untuk 22/67 adalah rasio PS dan super. klo dari hasil tanya sana sini masuk akal sich PX itu 22/7 karena menurut yg saya dengar dari banyak sumber klo gigi PX itu sama dengan SPRINT dan SPRINT termasuk kategori super, yg membedakan adalah jika PX giginya kasar (lekuk mata gigi berukuran tebal dan besar) sedangkan SPRINT giginya halus (kecil) ibarat baut ada drat kasar dan drat halus.
        klo untuk Exclusive 1 perbandingannya berapa om? 22/67 atau 21/68?

        mohon pencerahan. maaf nanyanya banyak lagi. terima kasih

      • ridobrown says:

        gini bos… pertama, nt liat di forum apa..?? dan apa ada tulisan ane..?? soalnya di forum vespa tertentu saya sudah delete usernamenya dan nama username saya sudah berubah menjadi TAMU, jadi nt tau ane dari mane…?

        saya samakan dulu pengertiannya dari kacamata umum/awam :
        gambar no 1 itu adalah untuk gigi kopling , kalo gambar no 2 gigi candi, gambar no 3 Gigi-gigi.
        1. menurut pengalaman saya… semua bisa di pake gigi kopling 21,22,23. tinggal diliat dari bentuk lekuk antar mata gigi no 1 dan no 2, umumnya, doktrin bengkel adalah pake gigi 21, alasannya biar cepat tarikannya.. tapi kelemahannya di gigi 4 dia ngedrop
        2. Vespa nt giginya sudah diganti, bukan bawaan aslinya, kalo ga salah yah…exclusive 22/67

  22. tomy says:

    om punya bengkel vespa di darmaga?darmaga nya sebelah mana om?sy jg orang bogor,ntr kpn2 mau mampir ke sana,mau bikin kanlpot racing vespa kiri,vespa sy excel thn 94.

    • ridobrown says:

      kalo untuk las bikin kenalpot, saya bikinnya di cipinang gading…di darmaga saya belum pernah ketemu bengkel las yang sesuai dengan keinginan…. kalo yang di cipinang gading memang spesialis untuk kenalpot korekan.. nanti bisa bareng ke sananya telp saya 0856-140-6181, sabtu minggu saya bisa

  23. ipank says:

    sy pake knalpot racing tp ga enak suaranya ,tenaganya juga biasa aja ,kenapa ya?
    kalo dari mesin pengaruh ga om? ,kyknya sih mesinnya ecek2 nih
    ane ga ngerti mesin ,masi newbie hehe

    • ridobrown says:

      penyebab suara ga enak, mungkin salah satunya adalah kurangya grasswool dalam tabung silencer-nya… coba tambahin…, kalo dari mesin ada pengaruh juga, yaitu dari setelan karburatornya… mungkin belum pas dengan jenis knalpot racing…

  24. siip banget ide na….murah meriah tp berkah,,,hehe

    • ridobrown says:

      amin…bukan hanya murah meriah.. tapi kualitas setara dengan knalpot sejenis yang seharga Rp.350 ribu

      • dodi says:

        Setelah saya baca2 !!! Gmn klu saya pesen kenalpot itu bisa di kirim ke jak-sel ƍäª ? Harganya berapa +Ongkir ?

      • dodi says:

        Bos ma’af bisa di kirim ƍäª ? Harga berapa+Ongkir

      • ridobrown says:

        wah.. maaf bos.. bukannya ga mau… tapi ga ada waktu buat nyari bahannya.. kecuali kalo nt ada bahannya boleh deh.. nanti dibuatkan.. pertama cari bekas kenalpot px untuk diambil lehernya sampai ke box, lalu knalpot 2 tak satria.

      • dodi says:

        ^♏ά̲̣̣̣̥α̩̩̩̩̥Kƌ̲̣̣̣̥S̤̥̈̊S̤̥̈̊S̤̥̈̊ȋ̝̊̅̄Ħ^ yaa….. Bos !
        Udah jwb …. InsyaAllah klu ane ada bahan & waktu ane mampir ϑếh sekalian kalau pulang ke Banjar-Ciamis !!!
        Salam Scooteris,….”

      • ridobrown says:

        siappp boss… jangan kuatir…

  25. budi says:

    sbnrnya prospek bagus lho kl mau bikin trs di pasarin,,seandainya aja bisa buatin trs di kirim ke jepara,kita orang jg sabar kok indennya.transfer harga barang + ongkir,lega dah kita..setengah maksa nih kayaknya,he heeeeeee..salam.

    • ridobrown says:

      hehehehe.. bisa aja nt… saya bukannya ga mau buatin… yang repot itu nyari leher knalpot px-nya.. trus beli knalpot bekas 2 tak suzuki satria, bawa ke tukang las… jadi saya berbagi ilmu aja dulu saat ini.. belum ada niatan untuk di jadikan sebagai ladang bisnis… justru saya ini ingin memberi tahu teman-teman… agar jangan beli knalpot yang harganya sudah mahal tapi kualitas tidak sesuai harapan.. dan lebih ekonomis bila bikin sendiri..

  26. Ryan says:

    bang ridho, ane punya vespa super taun 70an ( ga tau tepat nya yang pasti lampu kotak ) ini vespa kesayangan bokap dulu, tp di diemin kurang lebih 4 tahun gara gara beli motor *dipaksa orang kantor gara gara telat mulu, sekarang mesin nya pada macet, buat benerinnya kira kira kena berapa ya bang ?
    kalo bisa bales via sms ya bang, ane orang bogor juga, mohon bantuannya, hehe
    0896-3838-2148

  27. Ayyub. Srono, Banyuwangi, Jatim. says:

    Siipp Brader….
    Eksis selalu . . . 😀 (y)

  28. bima says:

    Yg harus di ganti untuk vespa super 150 apa ßöz†
    Ane pengin!!!!
    Salam scooterist

  29. djow says:

    om kalo pake silincer rx-king gimana om ?

  30. fadel says:

    Om kalo untuk di pasang ke excel 200cc bsa ga om? Cocok ga tuh?

  31. Banke Ari says:

    maaf om mau minta pencerahan nya klo untuk vespa spartan overseas seher nya sampai brpa ya om? trims sebelum nya

    • ridobrown says:

      maksimal 12m.. itu juga melihat kondisi blok sehernya.. apakah masih bisa atau tidak.. saran saya..beli baru aja.. jangan di oversize..buang-buang uang aja…

      • nco says:

        assalamu’alaikum
        punteun om mtr ana super
        klo lehernya pke knalpot super trus disambung pke szuki stria dari suara ngefek ga om?
        mksh om pencerahannya mantap bener
        hehe

      • ridobrown says:

        bisa aja sih.. cuma secara akselerasi kurang… sebaiknya pake punya px.. sehingga tarikan bisa panjang… nt cari kenceng lari apa cari kenceng suara??

  32. nco says:

    oh ok om mksih atas info ilmunya brmanfaat bgt.. brati ana tinggal nyari knlpot px nya doang klo bgtu hehe

    presaan ana suka liat vspa om yg tepong’a tulisan rido brown kdg suka parkir di bngkel si gepeng yg dicurug yasmin om…. om dari club vcb bkn om??

    • ridobrown says:

      wahh…nt ber halunisasi nih… saya belom pernah mampir di bengkel gepeng.. tapi kalo lewat iya.. arah ke jalan baru lewat yasmin… saya dulu memang anggota club VCB tahun 1997 …tapi tidak lama cuma beberapa bulan… lalu bikin club sendiri..PRC (Piaggio Raincity Club) tahun1998 s/d 2004… lalu mengundurkan diri dari Ketua.. kalo mo ketemu, saya tiap malam minggu, nongkrong di Samping Hotel Royal, Jl. Ir. H. Juanda.. dekat BNI Juanda. jam 20.00 s/d 24.00 WIB

      • abots says:

        ass kang ridho ane punya knalpot racing merknya rizz gaktau merk mana cuman suaranyah kaya motor tornado kang gmana ya bagusnyah di gimanain ya kang mintasarannyah .
        tapi boleh deh kalo bikin juga

      • ridobrown says:

        ya.. nt bawa aja ke tukang las…kalo bisa sih.. tukang las yang biasa urusan sama vespa..

  33. iqbal says:

    assalamualaikum bang..

    menurut ente enakan pake alini apa sito?

  34. Oti says:

    Assalamualaikum..
    Omm rido saya maaf agak melenceng sedikit dari grup nih ,

    blok lubang3 saya udh 12m knlapot pake sito.. Kalo buat rpm atas itu ngjim trus om..itu kenapa ya ? Mohon solusinya om..

    • ridobrown says:

      yang di maksud ngejim itu apa ya?? coba kita samakan dulu istilah yang berbeda ini.. mungkin maksudnya sama..tapi beda istilah.. kalo pengertian ngejim itu seher macet.. itu karena kurang oli campur.. kalo bisa pake oli yang rada mahal dikit..

      • oti says:

        Iya om , seher macet..
        Oli udah pake Castrol om, itu bagus ga ?
        Ngejimnya itu apa karna dari Blok yang udah saya papras jadi berpengaruh atau Exhaustnya kurang besar (terutama diBlok seher) ? Pencerahan dan pengalamannya gimana om ?
        makasih 🙂

      • ridobrown says:

        Oti… seher 12 m itu baru apa bekas? kalo masih baru.. tinggal banyakin oli aja.. kalo bekas masih ngejim juga..berarti ganti ring sehernya pake yang tipis.. kalo dah ganti ring seher masih ngejim juga berarti sehernya jelek.. tapi terlepas dari itu semua, sbelum ganti seher atau ring seher… coba olinya ganti pake prima xp untuk oli mesin, untuk oli campur pake enviro, atau mesran SAE 20., kalo ada duit lebih bisa juga coba repsol competicion untuk oli campurnya.. beli olinya di toko besar..

  35. oti says:

    Hhehe..makasih om pencerhannya 🙂

    Kalo untuk blok seher yang lokal, iti berpengaruh juga ngga ya omm?
    Maaf jadi banyak tanya, hbehe..sekalian silahturahmi diforum+share pengalaman om 😀

  36. ridobrown says:

    blok seher lokal berpengaruh apabila seher yang dipake juga lokal.. kalo bisa sih sehernya yang ori..seher ori itu adanya dari 0m s/d 3m saja…

    • oti says:

      Gitu ya..kalo menurut om lebih bagus pake mana? Block lokal atau block ori tapi uda boringan?

      • ridobrown says:

        pake blok ori..tapi jangan yg overbos-an.. kalo blok ori korter-an ga pa pa…

      • aiga satya pratama says:

        salut buat akang rido .. rajin bener bantuin kitee:D salam kenal semua scoteries … punya kenalan bengkel di percaya di daerah bogor ga? Ane udah lama fakum di vespa hehe . Baru ngangkat super 1978 lg di airbrus di yasmon johar . Tinggal mesin nih ….

      • ridobrown says:

        sama-sama bro…saling berbagi.. mo bagi duit blom bisa… jadi berbagi pengalaman aja dulu… untuk mesin..memang mau di apakan dulu..?? biar ga salah pilih bengkel

  37. Bagus heriansyah says:

    Om saya mau pesen dong, minta cpnya om

  38. om mau nanya itu knalpot satrianya dalemmnya juga dibobok ya ?? tq

    • ridobrown says:

      kalo silencer nya .. iya.. saya sedikit modifikasi.. disesuaikan dengan spec mesin vespa saya..untuk meningkatkan performa. kalo pake bawaan asli dari silencer satria, maka perlu menyetelan ulang di karbu-nya..untuk mendapatkan rpm yang pas

  39. Ardian says:

    Bang saya ada knalpot DRC penge d rombak jadi byar lebih garing suaranya , kaya ninja , gmn ya?

    • ridobrown says:

      nt nyari suara.. apa mo nambah speed..?? ada suara kenalpot kayak ninja.. tapi lari ga ada…percuma… kalo kenalpot yg saya buat ini.. rpm rendah suara pelan..tapi kalo rpm tinggi berubah…jadi kalo masuk gang.. ga di sumpahin orang.. karena berisik… hehehe

      • Anam says:

        Bagus om artikelnya, mau sy praktekan d sprint sy..
        Klo boleh tau suaranya kyak gmn om trus klo untuk silincer knalpot satrianya dirubah gmn ? Apa lobangnya d tambahin atau gmn
        Trimakasih..

      • ridobrown says:

        gini.. suara itu terngatung dari silencer yang digunakan.. saya menggunakan silencer satria 2 tak..tapi karena lobang pipanya besar.. maka saya kecil kan di bagian dalamnya..

  40. lutfi says:

    kalau lehernya pake knalpot drc gimana om?, trus ukuran piston saya 6M. ada resep untuk menyesuaikan setelan karbu dg knalpot buatan ini nggk? oh iya, vespanya exclusive II.

Leave a Reply

